Viral The Rockefeller Foundation Dituding Penyebab Virus Corona COVID 19, Apa Benar?

- 30 Januari 2024, 11:49 WIB
Cek fakta The Rockefeller Foundation penyebab Virus Corona COVID 19 yang dikatakan Komjen Pol Dharma Pongrekun di YouTube dr. Richard Lee.
Cek fakta The Rockefeller Foundation penyebab Virus Corona COVID 19 yang dikatakan Komjen Pol Dharma Pongrekun di YouTube dr. Richard Lee. /Tangkap layar YouTube.com/Jhohannes Marbun

BERITA DIY - Dalam sejumlah linimasa media sosial, muncul konspirasi yang menyebut The Rockefeller Foundation merupakan penyebab Virus Corona COVID 19, apakah benar?

Ternyata, pernyataan Rockefeller Foundation menjadi biang COVID 19 yang melanda Indonesia selama 2020-2022 berasal dari perkataan Komjen Pol Dharma Pongrekun.

“(COVID 19) sudah direncanakan tahun 2010 oleh Rockefeller Foundation dan disimulasikan tahun 2012, lalu dimainkan tahun 2020 untuk di Indonesia, tapi kalau di luar sudah disosialisasikan tahun 2019 gitu,” ujar Dharma Pongrekun.

Satu cuplikan Dharma Pongrekun yang menyebut Rockefeller Foundation terjadi di YouTube dr. Richard Lee yang tayang pada Sabtu 27 Januari 2024.

Baca Juga: Siapa Arzum Bule Austria yang Viral Karena Pernikahannya? Ini Nasibnya Saat Ini

Cuplikasi Rockefeller Foundation dan sosok Dharma Pongrekun pun viral di TikTok dan menjadi perbincangan di medsos tersebut, terkait apakah benar yang dinyatakan oleh jenderal bintang tiga tersebut.

Sebagai catatan, Dharma Pongrekun merupakan seorang perwira tinggi (Pati) Polri dengan jabatan Komisaris Jenderal (Komjen). Beliau lahir pada tanggal 12 Januari 1966 di Palu, Sulawesi Tengah.

Dari laman Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tertanggal 31 Agustus 2020 menyatakan jika info Rockefeller Foundation berada di balik kemunculan Virus Corona COVID 19 adalah tidak benar.

"[Misinformasi] Klaim bahwa Rockefeller Foundation berada di balik kemunculan virus Corona penyebab Covid-19, SARS-CoV-2 adalah keliru." ditulis di kominfo.go.id.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x