Tanggung Jawab Saksi Pemilu 2024: Syarat, Tugas, dan Kualifikasi

- 19 Januari 2024, 12:47 WIB
Ilustrasi. Definisi apa itu saksi TPS, syarat menjadi saksi TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan apa saja tanggung jawab tugas saksi TPS Pemilu 2024.
Ilustrasi. Definisi apa itu saksi TPS, syarat menjadi saksi TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan apa saja tanggung jawab tugas saksi TPS Pemilu 2024. /PIXABAY/Clker-Free-Vector-Images

BERITA DIY - Ketahui definisi apa itu saksi TPS, syarat menjadi saksi TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan apa saja tanggung jawab tugas saksi TPS Pemilu 2024.

Pemilu adalah momen penting dalam demokrasi di mana setiap suara memiliki kekuatan besar untuk membentuk masa depan negara. Dalam hal ini, peran saksi TPS sangatlah penting.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci peran mereka yang sangat krusial, tanggung jawab yang harus mereka emban, tugas yang harus dilakukan, dan kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi saksi TPS.

Peran saksi TPS bukan hanya sekadar memantau, tapi juga menjadi garda terdepan dalam menjaga integritas dan keabsahan suara rakyat. Mereka adalah penjaga demokrasi yang bertanggung jawab besar untuk memastikan proses pemilu berjalan dengan baik dan adil.

Baca Juga: Kapan Debat Capres-Cawapres ke-4? Ini Jadwal Debat Cawapres, Tema yang Diangkat dan Durasinya

Apa itu saksi TPS?

Dilansir dari Buku Saku Saksi Peserta Pemilu oleh Bawaslu, saksi TPS adalah orang yang ditunjuk oleh tim kampanye atau pasangan calon dari partai politik atau gabungan partai politik untuk mengawasi jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) di tingkat presiden, anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan calon perseorangan yang ikut serta dalam pemilihan anggota DPD.

Menurut aturan yang tercantum dalam Pasal 121 ayat (5) PKPU No. 3 Tahun 2019, hanya ada dua saksi yang diizinkan mewakili Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, partai politik, atau calon anggota DPD di dalam satu TPS pada saat yang bersamaan.

Apa tanggung jawab dan tugas saksi TPS?

Dalam perannya, saksi TPS memiliki tanggung jawab utama dalam memastikan bahwa Pemilu dan penghitungan suara berjalan dengan jujur, adil, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara, tugas-tugas saksi TPS dalam Pemilu 2024 antara lain:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x