Apa Itu IKD dan Cara Aktivasi e-KTP Secara Online Tanpa Harus ke Dukcapil

- 3 Januari 2024, 14:36 WIB
Apa itu IKD dan bagaimana cara aktivasinya? Simak di sini untuk penjelasan lengkapnya, karena aktivasi ini tidak perlu ke Dukcapil lhoh.
Apa itu IKD dan bagaimana cara aktivasinya? Simak di sini untuk penjelasan lengkapnya, karena aktivasi ini tidak perlu ke Dukcapil lhoh. /Pixabay / Mohamed Hassan

BERITA DIY - Saat ini pemerintah secara bertahap akan mengganti e-KTP fisik, dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Apa itu IKD dan bagaimana cara mengubahnya? Simak penjelasan lengkapnya di sini. 

Pemerintah secara masif sudah mulai mengganti e-KTP menjadi IKD. Apa sih IKD itu? Maka jawabannya, IKD atau KTP Digital merupakan identitas penduduk dalam bentuk aplikasi di smartphone yang mana dilengkapi dengan kode QR. 

Identitas Kependudukan Digital ini dinilai mampu menghemat pembiayaan negara dalam pembuatan kartu identitas. Bukan hanya itu saja, dengan adanya IKD ini bisa mencegah pemalsuan atau penyalahgunaan data kependudukan. 

Baca Juga: Cara Ganti Status e-KTP Jadi IKD Mudah dan Cepat Pakai HP, Apa Saja Fungsinya? Ini Keuntungan KTP Digital

Mungkin masyarakat masih terlalu awam untuk mengetahui bagaimana cara mengubah e-KTP menjadi IKD ini. Ternyata sangat mudah lhoh! Bahkan, masyarakat tak perlu untuk datang ke dukcapil masing-masing hanya sekedar mengubah e-KTP menjadi IKD ini. 

Namun, dalam mengaktifkan e-KTP menjadi IKD juga terdapat persyaratan yang harus dipahami. Apa saja syarat yang dibutuhkan? Simak di bawah ini ya!. 

Syarat Aktivasi e-KTP Menjadi IKD 

Yang perlu digaris bawahi adalah, untuk mengubah e-KTP menjadi IKD ini memang ada persyaratannya. Jadi tidak asal-asalan saja.

Dikatakan oleh Kementerian Pendayagunaan Reformasi dan Birokrasi (KemenpanRB) bahwa terdapat ketentuan yang diperhatikan. 

Baca Juga: IKD KTP Digital Adalah Apa? Ini Syarat dan Cara Membuat Identitas Kependudukan Digital Melalui Aplikasi

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x