Doa Akhir dan Awal Tahun dalam Islam Lengkap dengan Teks Arab, Latin, dan Terjemahannya, Ini Tata Cara Membaca

- 29 Desember 2023, 15:48 WIB
Ilustrasi. Doa akhir dan awal tahun dalam Islam lengkap dengan teks Arab, latin Indonesia, dan terjemahannya, ini tata cara membaca.
Ilustrasi. Doa akhir dan awal tahun dalam Islam lengkap dengan teks Arab, latin Indonesia, dan terjemahannya, ini tata cara membaca. /Freepik.com/@rawpixel.com

BERITA DIY - Berikut informasi doa akhir dan awal tahun dalam Islam lengkap dengan teks Arab, latin Indonesia, dan terjemahannya, ini tata cara membaca yang benar.

Dalam ajaran Islam, setiap Muslim yang akan melakukan suatu tindakan diharapkan menyertai dengan doa, termasuk saat menyambut pergantian tahun.

Pada momen pergantian tahun, umat Muslim dapat memanjatkan doa kepada Allah SWT sebagai bentuk ungkapan syukur menyambut tahun baru yang akan datang.

Penting untuk diingat bahwa doa akhir tahun dibacakan oleh umat Muslim sebelum Maghrib, yaitu pada waktu sore hingga akhir waktu Ashar.

Baca Juga: Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Arab, Latin dan Artinya, Ini Amalan di Bulan Muharram

Sedangkan doa awal tahun dibacakan setelah waktu Maghrib berakhir. Hal ini disesuaikan dengan prinsip perhitungan tahun dalam Islam yang dimulai setelah matahari terbenam.

Referensi doa akhir dan awal tahun dapat ditemukan dalam kitab Al-Jami’ Al-Kabir karya Imam As-Suyuthi. Dalam karyanya, beliau mencantumkan doa-doa tersebut.

Selanjutnya, doa tersebut diperkaya dengan lafadz shalawat di awal kalimat oleh Mufti Batavia, Habib (Sayyid) Utsman bin Yahya.

Waktu yang ditentukan untuk membaca doa di atas perlu diperhatikan dengan cermat oleh setiap Muslim.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x