Apa Itu Carbon Capture and Storage yang Ditanya Cawapres Gibran ke Mahfud MD Tadi Malam? Ini Jawabannya

- 23 Desember 2023, 11:13 WIB
Carbon capture and storage (CCS) yang sempat ditanyakan oleh Gibran kepada Cawapres nomor urut tiga, Mahfud Md.
Carbon capture and storage (CCS) yang sempat ditanyakan oleh Gibran kepada Cawapres nomor urut tiga, Mahfud Md. /AKBAR NUGROHO GUMAY/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Berikut adalah informasi mengenai carbon capture and storage (CCS) yang sempat ditanyakan oleh Gibran kepada Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD.

Sebagaimana yang terjadi pada malam debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023, Gibran Rakabuming Raka, cawapres nomor urut dua, mengajukan pertanyaan terkait regulasi untuk carbon capture and storage (CCS) kepada Mahfud MD, cawapres nomor urut tiga.

Gibran menanyakan kepada Mahfud MD, yang merupakan seorang ahli hukum, mengenai regulasi terkait carbon capture and storage.

Meskipun demikian, Mahfud MD tidak langsung memberikan jawaban terhadap pertanyaan Gibran. Sebaliknya, Mahfud memulai dengan menjelaskan cara menyusun regulasi, dimulai dari naskah akademik.

Baca Juga: Debat Cawapres Hari Ini Jumat, 22 Desember 2023 Live di TV Apa, Jam Berapa? Ini Tema dan Link Nonton Gratis

Penjelasan Mahfud MD berlangsung selama dua menit sebelum akhirnya Gibran menyampaikan keluhannya karena merasa pertanyaannya tidak dijawab dengan tegas.

Bagaimana sebetulnya regulasi untuk Carbon Capture and Storage?

Melansir dari situs Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), CCS merupakan teknologi mitigasi pemanasan global yang bertujuan mengurangi emisi CO2 ke atmosfer.

Teknologi ini melibatkan serangkaian proses terkait, dimulai dari pemisahan dan penangkapan CO2 dari sumber emisi gas buang, pengangkutan CO2 yang tertangkap ke lokasi penyimpanan, hingga penyimpanan di tempat yang aman.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah