Apa Itu Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme atau KKN? Ini Perbedaan serta Dampaknya dalam Masyarakat

- 24 Oktober 2023, 11:15 WIB
Ilustrasi- Tolak KKN, pengertian apa itu korupsi, kolusi, dan nepotisme atau sering disingkat dengan KKN, inilah perbedaan serta dampaknya dalam masyarakat.
Ilustrasi- Tolak KKN, pengertian apa itu korupsi, kolusi, dan nepotisme atau sering disingkat dengan KKN, inilah perbedaan serta dampaknya dalam masyarakat. /Freepik.com/@pressfoto
 
BERITA DIY - Berikut pengertian apa itu korupsi, kolusi, dan nepotisme atau sering disingkat dengan KKN, ini perbedaan serta dampaknya dalam masyarakat.
 
Dalam dunia politik kita sering mendengar istilah KKN atau korupsi, kolusi, dan nepotisme, sebenarnya apa pengertian yang sebenarnya?
 
Korupsi, kolusi, dan nepotisme adalah suatu bentuk perilaku yang merusak dalam suatu organisasi, baik pemerintahan maupun sektor swasta.
 
Meskipun semuanya melibatkan penyalahgunaan kekuasaan untuk kepentingan pribadi, ternyata korupsi, kolusi, dan nepotisme memiliki perbedaan yang cukup signifikan.
 
 
Sebelum mengetahui perbedaan dari KKN, pahami dulu apa itu korupsi, kolusi dan nepotisme yang sebenarnya, agar tidak keliru.
 
Pengertian Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN)
 
1. Korupsi
 
Apa itu korupsi? Korupsi adalah tindakan pidana yang melibatkan penerimaan suap, hadiah, dan uang sebagai bentuk penyelewengan uang negara atau perusahaan dalam mendapatkan keuntungan pribadi.
 
Dampak dari tindakan korupsi yaitu menyebabkan ketidakadilan dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah maupun lembaga publik.
 
Hal tersebut tentunya juga dapat menghambat pembangunan ekonomi suatu negara. 
 
 
2. Kolusi
 
Apa itu kolusi? Kolusi adalah suatu bentuk kerjasama melawan hukum, antara individu, organisasi, ataupun pejabat negara dengan yang lainnya untuk menghasilkan keuntungan bersama dan dapat merugikan orang lain.
 
Dampak dari kolusi sendiri yaitu dapat mengurangi persaingan yang sehat, dan menurunkan kualitas suatu produk atau layanan.
 
3. Nepotisme
 
Apa itu nepotisme? Nepotisme adalah suatu praktik memberikan keuntungan kepada sanak saudara atau keluarga sendiri, dengan merugikan banyak pihak dan demi keuntungan orang tertentu.
 
 
Dampak dari nepotisme adalah dapat menghambat kemajuan individu yang lebih kompeten, yang dapat merugikan produktivitas dan efisiensi suatu organisasi.
 
Nepotisme juga akan menciptakan persepsi ketidakadilan di antara mereka yang merasa bahwa jabatan diberikan berdasarkan hubungan kekeluargaan.
 
Perbedaan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN)
 
1. Korupsi melibatkan kekuasaan untuk mendapatkan keuntungan finansial melalui tindakan ilegal seperti suap.
 
 
2. Kolusi adalah bentuk kerjasama antar pihak yang bersifat rahasia untuk melalukan tindakan tidak terpuji atau persekongkolan.
 
3. Nepotisme adalah suatu kebijakan untuk memberikan keuntungan kepada anggota keluarga dalam hal mendapatkan suatu jabatan di lingkup pemerintahan.
 
Demikianlah pengertian apa itu korupsi, kolusi, dan nepotisme atau sering disingkat dengan KKN, perbedaan serta dampaknya dalam masyarakat.***

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x