UMKM INPUT NIK KTP ke Link Ini Cek Penerima BLT 2,4 Juta Oktober 2023 Tanpa Terdaftar BPUM BRI eform.bri.co.id

- 8 Oktober 2023, 11:33 WIB
Cek penerima BPUM BRI eform.bri.co.id - BNI banpresbpum.id dengan NIK KTP, BPUM 2023 kapan cair dan daftar online BLT UMKM.
Cek penerima BPUM BRI eform.bri.co.id - BNI banpresbpum.id dengan NIK KTP, BPUM 2023 kapan cair dan daftar online BLT UMKM. /Tangkap layar https://bpum.bidukm.masuk.web.id/

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari cek penerima BPUM BRI eform.bri.co.id - BNI banpresbpum.id dengan NIK KTP, BPUM 2023 kapan cair dan daftar online BLT UMKM.

UMKM yuk input NIK KTP ke link resmi berikut untuk cek penerima BLT sebesar Rp 2,4 juta di Oktober 2023 tanpa terdaftar BPUM BRI eform.bri.co.id.

Ketika dunia terguncang oleh pandemi COVID-19, tak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia yang mengalami dampak signifikan.

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), memperkenalkan beragam program insentif, seperti Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro (BPUM) pada 2020, untuk menstabilkan kondisi UMKM di tengah ketidakpastian ekonomi.

Baca Juga: UMKM Daftar Kesini! BLT Rp 3 Juta Cair ke 10 Juta Penerima Oktober 2023, Cek Nama Bukan BPUM eform.bri.co.id

Perubahan Program Bantuan dari Pemerintah

Meski diperkenalkan dengan antusias dan menjangkau hingga 12 juta penerima di seluruh Indonesia, perjalanan program BPUM tidak selalu mulus.

Adanya penurunan nominal bantuan dari Rp 2,4 juta ke Rp 1,2 juta pada 2021 mengindikasikan perlunya penyesuaian terkait kebutuhan dan alokasi anggaran pemerintah.

Namun, di tengah melemahnya beberapa sektor UMKM di beberapa daerah akibat pandemi yang berkepanjangan, berita mengejutkan datang dari Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Di tahun 2023, pemerintah memutuskan untuk tidak melanjutkan program BPUM dengan pertimbangan bahwa UMKM sudah dianggap mampu beradaptasi dan bertahan dalam situasi krisis.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x