Apa Itu Virus Nipah? Penyebab, Cara Penularan, hingga Sebabkan Warga India Meninggal

- 18 September 2023, 11:20 WIB
Ilustrasi - Apa itu virus Nipah, cara penularan, penyebab hingga sebabkan warga India meninggal apa sudah ada virus Nipah di Indonesia dicari.
Ilustrasi - Apa itu virus Nipah, cara penularan, penyebab hingga sebabkan warga India meninggal apa sudah ada virus Nipah di Indonesia dicari. /Pixabay/Tumisu

BERITA DIY - Berikut informasi apa itu virus Nipah, cara penularan, penyebab hingga sebabkan warga India meninggal apa sudah ada virus Nipah di Indonesia dicari.

Heboh adanya virus baru di India hingga 2 warganya dilaporkan meninggal karena virus Nipah ramai diberitakan.

Cek apa itu virus Nipah yang sebabkan warga India meninggal, cara penularan, penyebab virus hingga gejala.

Mengutip dari laman yankes.kemkes.go.id, virus Nipah merupakan salah satu jenis virus berbahaya. Penularan virus Nipah dapat terjadi melalui perantara hewan liar ke manusia.

Baca Juga: Apa Itu Virus Nipah? Berikut Gejala, Bahaya, Penyebab, Penularan, hingga Penanganannya

Meski belum terdeteksi di Indonesia, masyarakat perlu waspada karena virus Nipah ini diduga dapat berpotensi menjadi pandemi.

Dalam laman Kemenkes menyebutkan, sebelumnya kejadian penularan virus Nipah pernah terjadi di Malaysia pada tahun 1999 dan telah menginfeksi babi serta manusia dengan tingkat kematian yang cukup tinggi.

Saat virus Nipah terdeteksi pertama, beberapa jenis hewan menunjukkan gejala demam, sulit bernafas, dan kejang.

Menurut WHO, virus tersebut berasal dari kelelawar buah yang ditularkan ke babi saat terjadi penebangan hutan secara besar-besaran, sehingga menyebabkan populasi kelelawar berpindah mendekati area peternakan.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x