Antraks Adalah Penyakit Apa? Bahaya Bagi Manusia? Ini Ciri Gejala dan Cara Pencegahan Penularan

- 7 Juli 2023, 15:15 WIB
Ilustrasi. Antraks adalah penyakit apa? apakah bahaya bagi manusia? Ini ciri gejala dan cara pencegahan penularan.
Ilustrasi. Antraks adalah penyakit apa? apakah bahaya bagi manusia? Ini ciri gejala dan cara pencegahan penularan. /Pexels.com/Andrea Piacquadio

BERITA DIY - Simak informasi Antraks adalah penyakit apa, apakah bahaya bagi manusia, serta ciri gejala dan cara pencegahan penularan.

Kasus meninggal akibat penyakit Antraks belum lama ini terjadi di Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta pada bulan Mei hingga Juni 2023.

Kejadian tersebut bermula dari adanya hewan ternak yaitu sapi dan kambing yang mati mendadak kemudian dipotong dan dibagikan ke warga lain untuk dikonsumsi.

Warga yang meninggal tersebut pun dinyatakan positif terkena penyakit Antraks setalah dilakukan pengecekan oleh Dinas Kesehatan terkait.

Baca Juga: Aneurisma Adalah Penyakit Apa, Gejala Gangguan Pembuluh Darah Otak Apakah Bisa Sembuh?

Bahkan 125 orang telah diberikan pengobatan profilaksis yang mana 87 diantaranya sudah berstatus seropositif sebagaimana penjelasan kemkes.go.id.

Lantas apa itu penyakit Antraks, seberapa bahaya bagi manusia, serta bagaimana ciri gejala dan cara pencegahan penularannya?

Antraks adalah penyakit zoonosis yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis yang umumnya menyerang hewan herbivora seperti sapi, kambing, domba, yang dapat menular ke manusia.

Bakteri penyebab Antraks apabila kontak dengan udara akan membentuk spora yang sangat resisten terhadap kondisi lingkungan dan bahan kimia tertentu serta dapat bertahan sampai lebih dari 40 tahun di tanah.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x