Sholat Tolak Bala Berapa Rakaat? Ini Tata Cara Sholat Rebo Wekasan Jam Berapa, Niat & Doa Usai Shalat Mutlak

- 12 September 2023, 19:37 WIB
Cara sholat tolak bala 2 rakaat, niat shalat mutlak, waktu terbaik sholat tolak bala Arab, Istighfar Rebo Wekasan, dan niat sholat hajat.
Cara sholat tolak bala 2 rakaat, niat shalat mutlak, waktu terbaik sholat tolak bala Arab, Istighfar Rebo Wekasan, dan niat sholat hajat. /Pixabay/ Sharon Ang

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari cara sholat tolak bala 2 rakaat, niat shalat mutlak, waktu terbaik sholat tolak bala Arab, Istighfar Rebo Wekasan, dan niat sholat hajat.

Ketahui sholat tolak bala berapa rakaat, simak tata cara sholat Rebo Wekasan jam berapa, bacaan niat dan doa usai shalat mutlak lidaf'il bala.

Tradisi Rebo Wekasan adalah sebuah ritual yang cukup populer di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Banten.

Tradisi ini umumnya berlangsung pada Rabu terakhir di bulan Safar. Pada tahun ini, Rebo Wekasan jatuh pada 13 September 2023, yang bertepatan dengan Safar 1445 H.

Baca Juga: Larangan Rebo Wekasan 2023, Pantangan Apa Rabu Wekasan Boleh Keluar Rumah? Ini Waktu Terbaik Sholat Tolak Bala

Tujuan dari tradisi ini adalah memohon perlindungan dari bencana dan penyakit. Namun, ada juga varian ritual lain yang dilakukan, seperti selametan dan puasa.

Tata Cara Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan adalah sholat Tolak Bala, atau dalam istilah agamanya dikenal dengan "sholat sunah lidaf’il bala’".

Sholat ini umumnya dikerjakan pada waktu Dhuha dan berjumlah empat rakaat. Berikut adalah tata caranya:

Langkah-langkah Sholat

  1. Membaca Niat: "أُصَلِّيْ سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى" (Usholli sunnatal lidaf'il balaa rokatainii lillaahi ta'ala), yang berarti "Saya salat sunah untuk tolak bala dua rakaat karena Allah Ta'ala."
  2. Isi Rakaat: Setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surat Al-Kautsar 17 kali, Al-Ikhlas 5 kali, dan Al-Falaq dan An-Nas sekali-sekali di setiap rakaat.
  3. Melakukan Sholat: Selesaikan sholat sebanyak dua rakaat.
  4. Membaca Doa: Setelah memberikan salam, bacalah doa.

Baca Juga: Teks Doa Rebo Wekasan 2023 PDF Arab Latin dan Artinya, Link Download Doa Usai Sholat Tolak Bala Lidaf'il Bala

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x