Fenomena Blue Moon Terjadi Hari Ini di Indonesia, Jam Berapa, Apa Dampaknya dan Apakah Berbahaya?

- 30 Agustus 2023, 15:33 WIB
Ilustrasi - Fenomena Blue Moon yang terjadi hari ini di Indonesia, jam berapa, apa dampaknya dan apakah berbahaya? Cek penjelasannya di sini.
Ilustrasi - Fenomena Blue Moon yang terjadi hari ini di Indonesia, jam berapa, apa dampaknya dan apakah berbahaya? Cek penjelasannya di sini. /PEXELS/Dids

BERITA DIY - Simak informasi terkait fenomena Blue Moon yang terjadi hari ini di Indonesia, jam berapa, apa dampaknya dan apakah berbahaya dalam ulasan berikut.

Blue Moon merupakan fenomena antariksa yang akan terjadi di hampir semua bagian dunia pada hari ini, Rabu, 30 Agustus 2023 hingga besok, Kamis, 31 Agustus 2023.

Fenomena Blue Moon ini tidak bisa diartikan serta merta Bulan menjadi berwarna biru, sebab tidak demikian.

Blue Moon merupakan istilah yang digunakan ketika muncul bulan purnama kedua dalam periode satu bulan yang sama.

Baca Juga: Kenapa Suhu Dingin Akhir-akhir Ini, Apa Penyebabnya? Benarkah karena Fenomena Aphelion? Ini Kata BMKG

Peristiwa Blue Moon ini terjadi setidaknya 2,5 tahun sekali, jadi terbilang cukup langka karena tidak setiap tahun terjadi.

Menurut Organisasi Penerbangan dan Antariksa BRIN, masyarakat Indonesia bisa mulai menyaksikan Blue Moon hari ini mulai pukul 20.35 WIB atau 21.35 WITA atau 22.35 WIT.

Fenomena Blue Moon bisa disaksikan dengan mata telanjang. Masyarakat hanya perlu mengaragkan pandangan ke langit untuk menemukan Bulan.

Namun tentu dengan catatan lokasi untuk melihat Blue Moon ini memiliki jangkauan pandang yang luas, tidak mendung dan tidak terganggu cahaya lampu.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x