Super Blue Moon akan Terjadi Besok: Cara Melihat, Jadwal Jam Berapa Bulan Purnama Biru Terlihat di Indonesia

- 29 Agustus 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi - Super Blue Moon akan terjadi besok 30 Agustus 2023, ini cara melihat dan jadwal jam berapa bulan purnama biru terlihat di Indonesia.
Ilustrasi - Super Blue Moon akan terjadi besok 30 Agustus 2023, ini cara melihat dan jadwal jam berapa bulan purnama biru terlihat di Indonesia. /PEXELS/Dids

BERITA DIY - Simak informasi Super Blue Moon akan terjadi besok 30 Agustus 2023 waktu AS, ini cara melihat dan jadwal jam berapa bulan purnama biru terlihat di Indonesia.

Pada bulan Agustus ini ada 2 fenomena Supermoon, yakni Sturgeon Moon pada Selasa, 1 Agustus 2023 waktu Indonesia lalu ada fenomena bulan punama biru atau Blue Moon besok 30 Agustus 2023 waktu AS.

Lalu bagaimana cara meluhat Super Blue Moon, kapan jadwal dan mulai jam berapa bulan purnama biru akan terlihat di wilayah Indonesia? Cek informasi lengkapnya di sini.

Fenomena astronomi umumnya terjadi di saat-saat tertentu. Oleh sebab itu masyarakat akan sangat antusias ketika akan terjadi salah satu fenomena tersebut, termasuk fenomena Blue Moon.

Baca Juga: Puncak Hujan Meteor Perseid Malam Ini 2023 Mulai Jam Berapa, Apakah Berbahaya? Ini Cara Lihat di Indonesia

Mungkin sebagian orang belum mengetahui apa itu Blue Moon. Dilansir dari laman ROYAL MUSEUMS GREENWICH, Blue Moon merupakan penamaan fase bulan purnama yang tidak sesuai dengan skema penamaan normal.

Umumnya bulan membutuhkan waktu mencapai 29,5 hari untuk menyelesaikan satu fase. Dengan demikian 12 siklus hanya membutuhkan 354 hari sementara jumlah hari dalam 1 tahun adalah 365/366 hari.

Karena jumlahnya kurang dari 365/366 hari dalam satu tahun, maka setiap dua setengah tahun akan terlihat bulan purnama ke-13 yang dinamakan bulan biru.

Apakah saat Blue Moon bulan berwarna biru? Faktanya saat terjadi fenomena Blue Moon, bulan tidak benar-benar berwarna biru, melainkan sama seperti warna bulan purnama pada umumnya.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x