Mengenal Baju Adat Surakarta yang Dikenakan Presiden Jokowi di Upacara HUT ke 78 RI, Apa Nama dan Maknanya?

- 17 Agustus 2023, 11:18 WIB
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Agung saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta.
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Agung saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta. /YouTube/ Sekretariat Presiden./

BERITA DIY - Simak informasi mengenai baju adat yang dipakai Presiden Jokowi pada pelaksanaan Upacara HUT ke-78 RI, lengkap dengan nama dan makna baju tersebut.

Pelaksanaan Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta selalu menarik perhatian publik setiap tahunnya. Perhatian tak hanya tertuju pada Paskibraka dan penampilan Gita Bahana Nusantara.

Namun juga pada baju adat yang dikenakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Upacara HUT ke 78 RI hari ini Kamis, 17 Agustus 2023.

Diketahui tahun ini, Presiden Jokowi mengenakan baju adat dari Surakarta. Namun apa nama dan makna dari baju yang dikenakan pada upacara HUT ke-78 RI ini? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Ucapan HUT ke-78 RI 17 Agustus 2023, Dirgahayu Indonesia Bangkitkan Semangat Cocok Jadi Caption Status WA - IG

Dilansir dari Antaranews Jabar, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Surakarta bernama Baju Ageman Songkok Singkepan Ageng.

"Ini dari Keraton Surakarta Hadiningrat," kata presiden Jokowi dikutip dari antaranewsjabar.com.

Ageman atau baju tersebut dipakai oleh Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar Soho Tedhak Loji yang artinya saat di mana raja keluar dari keraton dengan menaiki kuda kereta.

Pakaian ini biasa digunakan Raja Pakubuwono untuk terjun langsung melihat kondisi masyarakat. Di sepanjang jalan, Sang Raja akan membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih atau yang juga disebut dengan turuba atau turun ke bawah.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x