Doa Mengusap Kepala Anak Yatim di Idul Yatama 10 Muharram, Teks Hadis Santunan Yatim Hari Asyura

- 28 Juli 2023, 15:12 WIB
Ilustrasi. Teks bacaan doa mengusap kepala dalam santunan anak yatim pada 10 Muharram hari ini Jumat 28 Juli dan bunyi hadis tentang anak yatim.
Ilustrasi. Teks bacaan doa mengusap kepala dalam santunan anak yatim pada 10 Muharram hari ini Jumat 28 Juli dan bunyi hadis tentang anak yatim. /DeskJabar.com/Agus Sopyan

 

BERITA DIY - Berikut ada doa mengusap kepala anak yatim di Idul Yatama 10 Muharram, teks hadis santunan anak yatim hari Asyura.

Salah satu amalan hari Asyura adalah melakukan santunan anak yatim lengkap dengan doa mengusap kepala anak yatim

Waktu paling baik membaca doa mengusap kepala anak yatim yakni pada 10 Muharram yang jatuh pada hari Jumat 28 Juli 2023 yang dikenal dengan amalan puasa Asyura.

Adapun anjuran puasa Asyura tanggal 9-10-11 Muharram berdasar sabda Nabi Muhammad SAW, berikut:

Baca Juga: Niat Puasa 10 Muharram 28 Juli 2023, Hukum Puasa Hari Jumat, Doa Asyura Dibaca Waktu Sahur

"Puasalah kalian pada hari Asyura dan bedakan dengan kaum Yahudi, puasalah kalian sehari sebelum atau sesudahnya," (H.R. Ahmad).

Lantas, siapa yang disebut dengan anak yatim? Adapun pemahaman anak yatim yang pantas mendapatkan santunan adalah anak belum baligh (di bawah usia 18 tahun) yang tidak memiliki ayah karena sudah meninggal.

Tujuan santunan anak yatim adalah agar meringankan beban finansial anak sekaligus sebagai solidaritas sosial kepada orang tak mampu.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x