Apa Itu Hari Tasyrik Setelah Idul Adha, Apakah Boleh Puasa? Cek Tanggal Berapa Umat Islam Dilarang Puasa

- 29 Juni 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi - Penjelasan apa itu hari tasyrik setelah Idul Adha, apakah boleh puasa, kapan dan tanggal berapa umat Islam dilarang puasa di Dzulhijjah 2023.
Ilustrasi - Penjelasan apa itu hari tasyrik setelah Idul Adha, apakah boleh puasa, kapan dan tanggal berapa umat Islam dilarang puasa di Dzulhijjah 2023. /PIXABAY/MaeM

BERITA DIY - Simak penjelasan apa itu hari tasyrik setelah Idul Adha, apakah boleh puasa, kapan dan tanggal berapa umat Islam dilarang puasa di Dzulhijjah 1444 H/2023.

Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Sebelum itu umat Islam disunnahkan untuk menjalan puasa sunnah, namun ada tanggal tertentu yang dilarang untuk berpuasa. 

Pada bulan Dzulhijjah ada yang dinamakan hari tasyrik. Lalu apa itu hari tasyrik setelah Idul Adha, apakah boleh puasa di hari itu, kapan hari tasyrik tahun ini?

Pada bulan kedua belas ada tiga hari istimewa yang disebut dengan hari tasyrik. Hari istimewa ini adalah tanggal 11, 12, 13 Dzuhijjah. Ada beberapa larangan dan anjuran ketiga hari tersebut.

Baca Juga: Apakah Hari Tasyrik Boleh Berhubungan Intim dan Hari Apa Saja yang Dilarang Hubungan Suami Istri?

Sebelumnya umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau Lebaran HAjidi tanggal 10 Dzuhijjah. Umat Islam disunnahkan untuk mengerjakan sholat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban.

Penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan pada tanggal 10, 11, 12, dan 13. Menjelang Lebaran Haji, juha disunnahkan untuk berpuasa, beberapa contohnya puasa Tarwiyah dan Arafah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x