Hari Tasyrik Idul Adha Bolehkah Puasa, Apa Hukumnya Puasa Hari Tasyrik? Ini Hari yang Diharamkan Berpuasa

- 11 Juli 2022, 11:55 WIB
Apakah boleh puasa di hari tasyrik, puasa pada hari tasyrik hukumnya brainly, puasa tasyrik adalah dan hari yang diharamkan berpuasa.
Apakah boleh puasa di hari tasyrik, puasa pada hari tasyrik hukumnya brainly, puasa tasyrik adalah dan hari yang diharamkan berpuasa. /PIXABAY/@fuad787041/4 images"

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari apakah boleh puasa di hari tasyrik, puasa pada hari tasyrik hukumnya brainly, puasa tasyrik adalah dan hari yang diharamkan berpuasa.

Simak pada hari tasyrik Idul Adha bolehkah puasa, apa hukumnya puasa di hari tasyrik? Berikut ini hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Hari Tasyrik sendiri merupakan hari dalam kalender Islam yang jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah, atau tiga hari setelah shalat ied pada hari raya Idul Adha.

Dahulu, masyarakat Arab memanfaatkan hari Tasyrik untuk menjemur daging hewan kurban. Kata 'Tasyrik' dalam bahasa Arab berkonotasi dengan makna mengeringkan sesuatu. Oleh karena itu, 3 hari setelah perayaan Idul Adha lantas dinamakan hari Tasyrik.

Baca Juga: Teks Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Hari Raya Idul Adha 2022 serta Tata Cara Penyembelihan Qurban Sunnah

Pada tiga hari tersebut, umat islam dilarang untuk melaksanakan ibadah puasa. Maka tak heran kini banyak yang bertanya apakah boleh berpuasa di hari Tasyrik.

Pada hari tasyrik tersebut, jamaah yang menunaikan ibadah haji sedang berada di Mina. Pada tanggal tersebut pula, para jamaah haji melempar jumrah.

Ada lima wajib haji yang perlu dikerjakan para jemaah haji, satu di antaranya adalah melempar jumrah. Ini sesuai dengan hadits dari Jabir RA, ia berkata: "Aku melihat Rasulullah SAW melempar jumrah dari atas kendaraan beliau pada hari Nahar.

Mengutip buku Kisah Bapak dan Anak dalam Al-Qur'an oleh Adil Musthafa Abdul Hakim, pelemparan jumrah dilakukan karena iblis berusaha menghalang-halangi Nabi Ibrahim AS ketika melaksanakan perintah Allah SWT untuk menyembelih putranya, Ismail AS.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x