Apa Itu Puasa Arafah? Dikerjakan pada 9 Dzulhijjah atau Besok 9 Juli 2022 Begini Bacaan Niat dan Keutamannya

- 8 Juli 2022, 20:58 WIB
Ilustrasi - Pengertian apa itu puasa Arafah yang dikerjakan Sabtu, 9 Juli 2022 atau 9 Dzulhijjah 1443. Ini bacaan niat lengkap lafadz Arab, latin, dan Indonesia.
Ilustrasi - Pengertian apa itu puasa Arafah yang dikerjakan Sabtu, 9 Juli 2022 atau 9 Dzulhijjah 1443. Ini bacaan niat lengkap lafadz Arab, latin, dan Indonesia. /Konevi / pixabay

BERITA DIY - Simak apa itu puasa Arafah yang dikerjakan setiap tahun pada 9 Dzulhijjah atau tahun ini bertepatan hari esok, Sabtu, 9 Juli 2022.

Begini bacaan niat puasa Arafah lengkap dalam lafadz Arab, latin, dan arti Indonesia serta keutamaan mengamalkan puasa sunnah Arafah.

Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dapat dikerjakan umat Islam pada hari Arafah. Hari Arafah jatuh pada hari kesembilan di bulan Dzulhijjah.

Puasa ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang sedang tidak pergi haji. Hali ini sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadis sahih.

Baca Juga: Wajib Baca Ini Sebelum Puasa, Berikut Bacaan Niat Puasa Arafah Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H atau 2022

Dari Abu Qatadah Al-Anshariy (ia berkata), “Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah ditanya tentang (keutamaan) puasa pada hari Arafah?” Maka dia menjawab, “Menghapuskan (kesalahan) tahun yang lalu dan yang sesudahnya.” (HR. Muslim no 1162).

Masih dalam hadis yang sama, terdapat dalil dan hujjah yang kuat terkait waktu pelaksanaan puasa Arafah. Yakni pada hari Arafah dimana para jamaah haji sedang wukuf di padang Arafah.

Adapun untuk menunikan ibadah sunnah puasa Arafah ini dapat dimulai dengan membaca niat puasa Arafah sebelum berpuasa.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Arafah Idul Adha 2022 Arab, Latin dan Artinya Tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H Serta Keutamaannya

Membaca niat Arafah dapat dikerjakan malam hari sebelum atau saat pagi hari ketika makan sahur.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x