Bacaan Niat Kurban Kambing dan Sapi saat Idul Adha 2023: Berikut Doa Menyembelih Hewan dan Tata Caranya

- 27 Juni 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi. Bacaan doa niat kurban kambing dan sapi saat Idul Adha 2023, simak doa menembelih hewan kurban dan tata caranya.
Ilustrasi. Bacaan doa niat kurban kambing dan sapi saat Idul Adha 2023, simak doa menembelih hewan kurban dan tata caranya. /PEXELS/Moaz Tobok
 
BERITA DIY - Simak bacaan niat kurban kambing dan sapi saat Idul Adha 2023 lengkap dengan doa menyembelih hewan kurban dan tata caranya tersaji dalam artikel ini.
 
Sesaat lagi, hari raya Idul Adha 2023 akan segera tiba. Kurban hewan merupakan salah satu agenda besar pada hari raya Idul Adha 2023 yang diperingati oleh seluruh umat Islam di dunia diikuti pembagian daging kurban.
 
Hari Raya Idul Adha 2023 akan jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah atau bertepatan dengan hari Kamis, 29 Juni 2023 pada tahun masehi.

Umat Muslim yang memiliki kemampuan untuk melakukan kurban bisa memberikan hewan kurban baik kambing, sapi, kerbau, hingga unta. Hewan yang umumnya dikurbankan di Indonesia sebagian besar adalah kambing dan sapi.
 
 
 
Dalam melakukan kurban, pemberi kurban dapat membaca niat kurban kambing atau sapi terlebih dahulu.
 
Niat qurban merupakan salah satu syarat sah dalam ibadah kurban yang dapat dibacakan ketika hendak menyembelih. Namun niat kurban juga bisa dibacakan setelah mengkhususkan hewan yang akan dikurbankan.

Bacaan niat kurban untuk kambing dan sapi bisa dibaca di bawah ini:
 
نويت أن أاضحي للهِ تَعَالى
 
Nawaitu an udhahhi lillaahi ta’ala
 
Artinya, “Saya niat berkurban karena Allah Ta’ala.”
 
 
Hewan ternak yang akan dikurbankan bisa diserahkan kepada pengurus kurban untuk kemudian disembelih dan dagingnya dibagikan.

Dikutip dari instagram Bimas Islam Kemenag, bacaan doa menyembelih hewan kurban di hari raya Idul Adha 2022 adalah sebagai berikut:

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ، إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ
 
Wajjahtu wajhii lilladzii fatharas samaawaatii wal ardha hanifaw wamaa ana minal musyrikiin, inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaati lillaahi rabbil ‘aalamiin, laa syariikalahuu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.
 
 
Artinya: Aku menghadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri, dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukanNya, dan aku termasuk golongan orang muslimin.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Bismillaahir rahmaanir rahiim, allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْد

Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, wa lillaahil hamd.
 

Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, hanya bagi Allah segala puji.
 
اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ /مِنْ فُلاَن كَمَا تَقَبَّلْتَ مِنْ اِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِكَ

Allahumma haadzihii minka wa ilaika fataqabbal minnii/min fulaan (nama orang yang berkurban), kamaa taqabbalta min ibraahiim khaliilika.

Artinya: Ya Allah, hewan ini adalah nikmat dari-Mu, dan melalui hewan ini pula mendekatkan diri kepada-Mu. Ya Allah, terimalah dariku/dari fulan (nama orang yang berqurban), sebagaimana Engkau menerima dari Nabi Ibrahim, kekasih-Mu.

Adapun, tata cara penyembelihan hewan kurban adalah sebagai berikut:

- Mengucapkan kalimat basmalah

- Membaca sholawat nabi
 
Baca Juga: Hukum Menjual Kulit atau Daging Hewan Kurban Idul Adha, Apakah Diperbolehkan? Ini Kata Ulama Imam Nawawi

- Mengarahkan ke kiblat (hewan kurban dan orang yang akan melakukan penyembelihan)

- Membaringkan hewan kurban di atas lambung sebelah kiri, dan posisi lehernya yang dihadapkan ke kiblat

- Setelah itu mengucapkan takbir 3x dan tahmid 1x

- Lalu membaca doa menyembelih hewan kurban

- Sembelih atau potong hewan kurban di area tenggorokan, kerongkongan, dan dua urat nadi di bagian leher hewan.
 
 
Penyembelih hewan kurban juga dianjurkan untuk memakai parang yang tajam untuk menyembelih hewan kurban agar penyembelihan bisa dilakukan dengan cepat tanpa menyiksa hewan.

Demikian bacaan niat kurban kambing dan sapi saat Idul Adha 2023, simak doa menyembelih hewan kurban dan tata caranya.***
 

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x