10 Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Lengkap dengan Dalil Sesuai Syariat Islam, Idul Adha 2023 Tanggal Berapa

- 15 Juni 2023, 12:50 WIB
Sepuluh tata cara menyembelih hewan kurban lengkap dengan dalil-dalil Al-Quran dan Sunnah sesuai syariat Islam, Idul Adha 2023 tanggal berapa.
Sepuluh tata cara menyembelih hewan kurban lengkap dengan dalil-dalil Al-Quran dan Sunnah sesuai syariat Islam, Idul Adha 2023 tanggal berapa. /Freepik/@wirestock

BERITA DIY – Berikut 10 tata cara menyembelih hewan kurban lengkap dengan dalil sesuai syariat Islam. Informasi Idul Adha 2023 jatuh tanggal berapa juga bisa disimak di sini.

Idul Adha 2023 jatuh pada bulan Juni 2023 dan sudah banyak terlihat penjual hewan kurban di beberapa tempat. Ikuti tata cara menyembelih hewan kurban yang tepat sesuai syariat Islam.

Ketika hendak menyembelih hewan kurban, pastikan jagal sudah paham dan mengetahui tata cara menyembelih hewan kurban agar sapi, kerbau, kambing, atau hewan kurban tidak merasakan sakit.

Tata cara menyembelih hewan kurban wajib diketahui oleh orang yang bertugas menyembelih atau memotong hewan kurban.

Baca Juga: 5 Syarat Kambing Kurban dan Tips Memilih Sesuai dengan Syariat Islam, Cermati Hal-hal Berikut Sebelum Membeli

Rasulullah Saw bersabda, “Allah memerintahkan untuk berbuat kebaikan kepada segala sesuatu. Apabila kamu membunuh, maka baguskanlah cara dan keadaan dalam membunuh, dan apabila kamu menyembelih, maka baguskanlah penyembelihannya, dan hendaklah menajamkan pisaunya, dan menenangkan hewan sembelihannya.” (Hadits Riwayat Muslim)

Waktu untuk menyembelih hewan kurban juga harus diperhatikan, mengingat hanya pada hari Tasyrik penyembelihan dilakukan. Yaitu, pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x