Niat Sholat Idul Adha dan Tata Cara Pelaksanaan: Bacaan Takbir 7 Kali dan 5 Kali di Rakaat Pertama dan Kedua

- 27 Juni 2023, 09:34 WIB
Ilustrasi - Niat sholat Idul Adha dan tata cara pelaksanaan, ini bacaan takbir 7 kali dan 5 kali pada rakaat pertama serta kedua shalat Idul Adha.
Ilustrasi - Niat sholat Idul Adha dan tata cara pelaksanaan, ini bacaan takbir 7 kali dan 5 kali pada rakaat pertama serta kedua shalat Idul Adha. /PEXELS/Md Amir Umar

BERITA DIY - Cek bacaan niat sholat Idul Adha dan tata cara pelaksanaan, lengkap dengan bacaan takbir 7 kali dan 5 kali pada rakaat pertama serta kedua shalat Idul Adha.

Mengatahui niat dan tata cara dalam mengerjakan ibadah tertentu merupakan hal yang wajib agar ibadah yang dikerjakan diterima. Sebentar lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 2023.

Untuk itu simak bacaan niat sholat Idul Adha Arab dan artinya serta tata cara pelaksanaan di sini. Ketahui juga apa bacaan yang dibaca saat takbir 7 kali dan 5 kali di rakaat pertama serta kedua.

Sholat Idul Adha merupakan salah satu amalan sunnah yang dikerjakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah bagi umat muslim yang tidak sedang mengerjakan ibadah haji.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Idul Adha 1444 H Terbaru Singkat, Mudah Tahun 2023: Dibaca Usai Sholat Berjamaah

Jumlah rakaat dalam shalat ini sama dengan sholat Idul Fitri yakni 2 rakaat. Pada rakaat pertama akan ada 7x takbiratul ihram, dan di rakaat kedua ada 5x takbiratul ihram.

Niat adalah hal yang penting untuk mengawali ibadah. Dalam mengerjakan sholat ied saat Lebaran Haji, tentu saja akan ada perbedaan bacaan niat bagi imam dan makmum.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x