Hukum Cukur Rambut dan Batas Potong Kuku sebelum Idul Adha 2023 Menurut Ulama serta Hadist

- 26 Juni 2023, 12:05 WIB
Ilustrasi - hukum cukur rambut dan batas potong kuku sebelum Idul Adha 2023 menurut Ulama serta Hadist yang perlu diketahui umat Muslim.
Ilustrasi - hukum cukur rambut dan batas potong kuku sebelum Idul Adha 2023 menurut Ulama serta Hadist yang perlu diketahui umat Muslim. /Pixabay/shameersrk

BERITA DIY - Berikut hukum cukur rambut dan batas potong kuku sebelum Idul Adha 2023 menurut Ulama serta hadist.

Hukum cukur rambut dan batas potong kuku sebelum Idul Adha 2023 penting untuk diketahui umat Muslim yang melaksanakan kurban.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Ummu Salamah, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Apabila masuk 10 hari pertama Zulhijah, apabila seorang di antara kamu hendak berkurban, janganlah menyentuh rambut dan kulit sedikit pun, sampai ia selesai berkurban," (HR. Ibnu Majah dan Ahmad).

Baca Juga: Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha dengan Lafal dan Artinya, Puasa Sunnah Amalan Penghapus Dosa

Jika mengacu pada hadist ini, hukum cukur rambut dan batas potong kuku bagi yang melaksanakan kurban di Hari Raya Idul Adha adalah mulai tanggal 1-10 Dzulhijah.

Namun hukum cukur rambut dan batas potong kuku sebelum Idul Adha banyak diperdebatkan oleh Ulama. Hal ini dikarenakan kurban bisa dilaksanakan pada hari tasyrik yakni tanggal 11, 12, dan 12 Dzulhijah.

Melansir NU Online, Al Qari seorang ulama besar dalam kitab Mirqatul Mafatih menyimpulkan perbedaan hukum cukur rambut dan batas potong kuku sebelum Idul Adha.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x