Siap-siap! Meteran Listrik di Daerah Ini Bakal Diganti Lebih Canggih, Begini Keunggulan Smart Meter AMI PLN

- 19 Juni 2023, 08:20 WIB
Siap-siap! Meteran listrik di daerah ini diganti lebih canggih. Begini keunggulan Smart Meter AMI PLN yang menggunakan aplikasi mobile secara real time.
Siap-siap! Meteran listrik di daerah ini diganti lebih canggih. Begini keunggulan Smart Meter AMI PLN yang menggunakan aplikasi mobile secara real time. /www.instagram.com/@pln_id

BERITA DIY - Berikut informasi meteran listrik yang bakal diganti menjadi Smart Meter AMI oleh PLN. Simak daftar daerah yang akan mendapatkanya.

PLN saat ini akan membuat kebijakan baru untuk alat pengukuran listrik. Seperti yang diketahui, pengukuran listrik saat ini dilakukan menggunakan meteran manual di rumah.

PLN akan membuat pengukuran listrik baru menggunakan Smart Meter AMI. Alat ini dapat digunakan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

Smart Meter AMI yakni smart meter berbasis advanced metering infrastructure (AMI). Alat pengukur listrik ini dilengkapi dengan sistem komunikasi digital yang lebih canggih, akurat, dan berkualitas.

Baca Juga: Biaya Pemasangan Listrik Baru untuk Prabayar dan Pascabayar tahun 2023 dan Cara Daftar PLN Mobile dengan Mudah

Smart Meter AMI diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan. Pelanggan bisa mengetahui profil beban sekaligus tagihan listrik berjalan secara realtime melalui aplikasi PLN Mobile.

Melalui AMI, baik PLN maupun pelanggan dapat melakukan monitoring dan kontrol secara real-time. AMI sendiri merupakan pengembangan dari AMR (Automatic Meter Reading), pembacaan meter otomatis dengan tambahan kemampuan penerapan tarif secara dinamis dan interkoneksi.

Penerapan meteran AMI membuat lebih mudah dalam pengontrolan penggunaan listrik maupun dalam hal perbaikan ketika ada kendala listrik. Petugas (PLN) tidak perlu lagi datang ke rumah untuk catat meter, lebih nyaman, penanganan gangguan juga lebih cepat.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan Advanced Metering Infrastructure (AMI) sendiri merupakan alat pengukur penggunaan listrik yang dilengkapi dengan fitur komunikasi dua arah untuk penyediaan informasi yang komprehensif. Penerapan AMI telah terbukti mampu menghemat penggunaan energi dan menekan biaya operasional perusahaan untuk pengecekan meter secara langsung.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x