Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid, Begini Anjurannya Sesuai Sunah

- 1 Juni 2023, 19:00 WIB
Tata cara mandi wajib setelah selesai haid, begini anjurannya sesuai sunah yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Lengkap dengan hadits shohihnya.
Tata cara mandi wajib setelah selesai haid, begini anjurannya sesuai sunah yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Lengkap dengan hadits shohihnya. /www.freepik.com/@8photo

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai tata cara mandi wajib setelah selesai haid. Simak anjurannya yang sesuai sunah.

Seorang wanita dikatakan baligh (dewasa) dalam Islam adalah ketika ia sudah mengalami masa haid. Haid merupakan keluarnya darah dari kemaluan wanita pada waktu tertentu bukan disebabkan karena penyakit atau proses persalinan.

Keluarnya darah tersebut merupakan sunatullah yang ditetapkan oleh Allah kepada seoarang wanita. Lama waktunya minimal sehari semalam, dan maksimal 15 hari.

Oleh sebab itu, wanita yang sudah baligh harus mengetahui bagaimana hukum wanita haid dalam beribadah dan lain-lain. Wanita dalam keadaan haid tidak diperbolehkan untuk sholat. Ia boleh sholat ketika sudah bersih atau suci dari haidnya.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid yang Benar Menurut Islam Lengkap Doa, Niat Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Ketika sudah suci pun ia harus melakukan mandi wajib terlebih dahulu. Mandi wajib ini ada tata caranya sendiri dalam Islam.

Sebelum mandi wajib hendaknya melepaskan kuciran/kepanjangan rambutnya agar air sampai ke pangkal rambut. Selain itu, ia juga harus menyediakan kapas untuk mengecek kemaluannya apakah masih ada darah yang tersisa atau tidak.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x