Sholat Taubat Berapa Rakaat? Ini Jumlahnya yang Bisa Dikerjakan Umat Islam Lengkap Niat dan Tata Cara

- 27 April 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi penjelasan jumlah rakaat sholat Taubat lengkap dengan niat dan tata cara yang bisa dikerjakan umat Islam.
Ilustrasi penjelasan jumlah rakaat sholat Taubat lengkap dengan niat dan tata cara yang bisa dikerjakan umat Islam. /PEXELS/baybiyik

BERITA DIY - Berikut penjelasan jumlah rakaat sholat taubat lengkap dengan bacaan niat dan tata cara yang bisa dikerjakan umat muslim untuk memohon ampunan tersaji dalam ulasan artikel ini.

Umat Islam hendaknya melakukan pengampunan atas dosa yang telah diperbuatnya pada Allah Swt. Salah satu ibadah sunnah yang bisa dikerjakan oleh umat Islam yang dapat mengantarkan umat ke pintu pertaubatan adalah sholat taubat.

Sholat taubat ini dapat dilaksanakan bagi umat Islam yang memiliki sejumlah kesalahan ataupun dosa pada waktu-waktu yang telah lalu dengan niat memohon pengampunan.

Upaya untuk taubat dari setiap kesalahan dan dosa yang dilakukan tersebut namun haruslah benar-benar muncul dari hati nurani dan mengupayakan untuk tidak terjadi kembali nantinya.

Baca Juga: Sepertiga Malam Terakhir Itu Jam Berapa? Simak Kapan Waktu Terbaik Mendirikan Salat Hajat dan Tahajud

Hal ini sesuai dengan yang telah dituliskan dari riwayat atau Hadist yang pernah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW,

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ  

Artinya: “Setiap anak keturunan Adam adalah orang yang berbuat kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah orang yang bertaubat.” HR. Ibnu Majah.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x