Bacaan Doa Takbiran Panjang Lengkap Dikumandankan pada Malam Takbir Idul Fitri 2023: Arab, Latin, dan Artinya

- 20 April 2023, 17:17 WIB
Ilustrasi bacaan doa takbiran panjang lengkap untuk malam takbir Idul Fitri 2023 dalam tulisan Arab, latin, dan artinya.
Ilustrasi bacaan doa takbiran panjang lengkap untuk malam takbir Idul Fitri 2023 dalam tulisan Arab, latin, dan artinya. /PIXABAY/ beingboring

BERITA DIY – Berikut bacaan doa takbiran panjang lengkap untuk malam takbir Idul Fitri 2023 dalam tulisan Arab, latin, dan artinya Bahasa Indonesia tersaji di artikel ini.

Hari raya Idul Fitri 2023 jatuh pada 1 syawal akan segera tiba dan dirayakan oleh seluruh umat Islam. Perayaan Idul Fitri 2023 ada yang dilangsungkan pada besok, Jumat, 21 April 2023.

Pihak Muhammadiyah menetapkan Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023. Sedangkan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) masih menunggu hasil penetapan dari sidang Isbat.

Pada saat malam Hari Raya Idul Fitri 2023, lafadz takbir dikumandankan pada setiap tempat ibadah umat Islam yakni Masjid hingga Mushola dengan berbagai kegiatan yang beragam seperti takbir keliling, arak-arakan, lomba takbir, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Teks Bacaan Takbir Idul Fitri Sesuai Sunnah dan Al Quran serta Waktu Mengumandangkan Takbir

Takbiran sudah menjadi tradisi umat Islam untuk menyambut bulan Syawal dan mulai didengungkan untuk menyambut tanggal 1 Syawal yang disebut dengan Hari Raya Idul Fitri 2023.

Mengucapkan bacaan takbiran pada malam Hari Raya Idul Fitri 2023 dianjurkan untuk umat Islam sebagaimana dalam firman Allah Swt dalam Surah Al Baqarah ayat 185.

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x