Sepertiga Malam Terakhir Itu Jam Berapa? Simak Kapan Waktu Terbaik Mendirikan Salat Hajat dan Tahajud

- 2 April 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi. Makna sepertiga malam terakhir itu jam berapa sebagai waktu terbaik mendirikan salat hajat dan tahajud.
Ilustrasi. Makna sepertiga malam terakhir itu jam berapa sebagai waktu terbaik mendirikan salat hajat dan tahajud. /PEXELS/baybiyik

BERITA DIY - Simak penjelasan tentang makna sepertiga malam terakhir itu jam berapa sebagai waktu terbaik mendirikan salat hajat dan tahajud tersaji dalam artikel ini.

Umat Muslim dapat meraih ridha ilahi dengan berbagai macam ibadah sunnah yang dirahmati Allah Swt. Di samping ibadah wajib, menjalankan ibadah sunnah akan mendapatkan ganjaran yang lebih banyak.

Salah satu bentuk ibadah sunnah khususnya yang dilakukan pada malam hari adalah salat malam seperti salat hajat dan salat tahajud.

Waktu sepertiga malam adalah kesempatan terbaik untuk mendirikan salat malam. Sepertiga malam yang dimaksud adalah hingga waktu sahur, atau 30 menit sebelum waktu subuh tiba untuk meraih rahmat Allah Swt.

Baca Juga: Bunyi Bacaan Doa Kamilin Usai Salat Tarwih dan Witir di Ramadhan 2023: Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Dilansir dalam Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim, Allah Swt akan mengabulkan dan mengampuni barangsiapa yang memanjatkan doa pada Allah Swt dan meminta pengampunan pada sepertiga malam terakhir.

"Rabb kami -Tabaroka wa Ta’ala- akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, “Siapa yang memanjatkan do’a pada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun pada-Ku, Aku akan memberikan ampunan untuknya”.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x