Sholat Idul Fitri Berapa Kali Takbir, 7 Kali atau 5 Kali? Ini Bacaan Tiap Jeda Takbir Rakaat Pertama dan Kedua

- 20 April 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi - Penjelasan sholat Idul Fitri berapa kali takbir, 7 kali atau 5 kali, lengkap dengan bacaan tiap jeda takbir untuk rakaat pertama dan kedua.
Ilustrasi - Penjelasan sholat Idul Fitri berapa kali takbir, 7 kali atau 5 kali, lengkap dengan bacaan tiap jeda takbir untuk rakaat pertama dan kedua. /PEXELS/mohammad ramezani

BERITA DIY - Simak penjelasan sholat Idul Fitri berapa kali takbir, 7 kali atau 5 kali, lengkap dengan bacaan tiap jeda takbir untuk rakaat pertama dan kedua.

Sholat idul fitri merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan pada 1 Syawal. Sholat sunnah ini berbeda dengan sholat sunnah pada umumnya karena jumlah takbirnya lebih banyak.

Lalu berpa jumlah takbir pada saat sholat Idul Fitri, 7 kali atau 5 kali? Cek jawaban dan bacaan takbir untuk rakaat pertama dan kedua di sini.

Shalat Idul Fitri akan dilaksanakan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia untuk merayakan kemenanganusai melaksanakan puasa Ramadhan sebulan penuh.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah, Doa Orang yang Memberi dan Orang yang Menerima, Kapan Batas Terakhir Membayar Zakat Fitrah?

Pada sholat sunnah ini terdapat perbedaan yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan sholat wajib atau sholat sunnah lainnya. Perbedaannya ada pada jumlah takbir tiap rakaatnya.

Jumlah rakaat pada sholat ini adalah 2 rakaat. Diluar takbiratul Ikhram, imam akan membaca takbir tambarhan. Ada rakaat pertama, akan ada 7 takbir lalu pada rakaat kedua akan ada 5 takbir.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Kemenag RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x