Kenapa Lebaran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 Bisa Berbeda? Ini Tanggal dari NU, Muhammadiyah, dan Kemenag

- 18 April 2023, 12:30 WIB
Informasi penyebab kenapa tanggal Lebaran Idul Fitri NU, Muhammadiyah, dan Kemenag berbeda.
Informasi penyebab kenapa tanggal Lebaran Idul Fitri NU, Muhammadiyah, dan Kemenag berbeda. /PIXABAY/chiplanay

BERITA DIY - Ketahui penyebab kenapa Lebaran Idul Fitri 2023 diprediksi bisa berbeda beserta dengan ketetapan tanggal dari Muhammadiyah, NU, dan Kemenag.

Lebaran Idul Fitri diprediksi akan berbeda dari ketetapan yang telah dilakukan oleh Muhammadiyah dengan yang akan dilakukan oleh Kemenag.

Tanggal memasuki Lebaran Idul Fitri yang ditetapkan oleh Muhammadiyah dalam Maklumat terbarunya diketahui akan diperingati yaitu pada tanggal 21 April 2023 yang akan datang.

Sedangkan untuk ketetapan Lebaran Idul Fitri dari Kemenag dan NU nantinya baru akan menunggu hasil dari Sidang Isbat penentuan awal atau 1 Syawal 1444 H mendatang.

Baca Juga: Menu Lebaran Idul Fitri 2023 Selain Opor Ayam, Ini Resep Rendang Daging Sapi 1 Kg Khas Padang

Peluang mengenai adanya perbedaan dalam Lebaran Idul Fitri tahun 2023 ini sendiri sebelumnya telah disampaikan oleh perwakilan dari BRIN.

Pihaknya memprediksikan bahwa nantinya untuk tanggal mulai memasuki Lebaran Idul Fitri 1444 H baru akan dimasuki yaitu pada tanggal 22 April 2023 yang akan datang.

Mengenai alasannya disebutkan adalah karena posisi hilal yang disebutkan oleh BRIN pada tanggal tersebut masih belum nampak.

Sedangkan mengenai alasan yang lainnya adalah mengenai metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan memasuki pada Hari Raya tersebut.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Idul Fitri 2023 Menyentuh Hati dan Link Download Referensi Materi Khutbah

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x