Apakah Gerhana Matahari Hibrida Berbahaya, Apa Dampaknya? Berapa Tahun Sekali? Ini Jadwal Gerhana Jam Berapa

- 12 April 2023, 15:42 WIB
Gambar gerhana matahari hibrida, terjadi berapa tahun sekali, jam berapa gerhana 20 April 2023 dan apakah gerhana hibrida berbahaya.
Gambar gerhana matahari hibrida, terjadi berapa tahun sekali, jam berapa gerhana 20 April 2023 dan apakah gerhana hibrida berbahaya. /HO-BMKG/am./Medan Satu

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari gambar gerhana matahari hibrida, terjadi berapa tahun sekali, jam berapa gerhana 20 April 2023 dan apakah gerhana hibrida berbahaya.

Ketahui apa gerhana matahari hibrida berbahaya, apa dampaknya? Terjadi berapa tahun sekali? Simak jadwal gerhana matahari hibrida jam berapa.

Fenomena astronomi langka berupa gerhana matahari hibrida bakal mewarnai langit Indonesia menjelang Lebaran dalam hitungan 14 hari ke depan tepatnya pada 20 April 2023 mendatang.

Dosen Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Premana W. Premadi mengatakan gerhana matahari hibrida utamanya berupa gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari total di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Sholat Kusuf Terjemahan Indonesia Lengkap dengan Hukum Ibadah Saat Terjadi Gerhana Bulan

"Peristiwa yang jarang dan tentunya Indonesia beruntung sekali bisa mendapatkan gerhana matahari total," ujarnya dikutip dari Antara, Rabu, 12 April 2023.

Terjadinya gerhana disertai pula oleh peristiwa pasang surut laut maksimum akibat letak matahari, bulan, dan bumi yang praktis segaris.


Selain itu, perilaku makhluk hidup yang berubah seperti hewan malam ikut terpengaruh atau berlaku sebaliknya, makhluk siang seketika bersembunyi karena siang yang cerah mendadak gelap layaknya malam.

Gerhana matahari hibrida pada 20 April 2023 mendatang, adalah gerhana ke-52 dari total 80 gerhana dalam kategori siklus soros 129.

Baca Juga: Panduan Sholat Gerhana Bulan 8 November 2022, Sholat Khusuf Dilakukan Berapa Rakaat dan Kapan Ini Bacaan Niat

Di Indonesia, gerhana matahari total akan terjadi di Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku, tepatnya di Pulau Kisar, Pulau Maopora, Pulau Damar Desa Batumerah, Kabupaten Seram.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x