Panduan Sholat Gerhana Bulan 8 November 2022, Sholat Khusuf Dilakukan Berapa Rakaat dan Kapan Ini Bacaan Niat

- 8 November 2022, 17:55 WIB
Ilustrasi. Panduan sholat khusuf atau sholat gerhana bulan total malam ini  8 November 2022, dikerjakan kapan dan berapa rokaat lengkap dengan bacaan niat.
Ilustrasi. Panduan sholat khusuf atau sholat gerhana bulan total malam ini 8 November 2022, dikerjakan kapan dan berapa rokaat lengkap dengan bacaan niat. /pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY - Berikut ini bisa disimak panduan untuk menunaikan sholat gerhana bulan atau sholat khusuf pada malam ini Selasa, 8 November.

Sholat khusuf ditunaikan berapa rakaat, waktu pelaksanaan dan bacaan niat dan doa terangkum dalam artikel ini selengkapnya.

Pada malam hari ini Selasa, 8 November 2022 akan terjadi puncak gerhana bulan total pada pukul 17.59 WIB.

Puncak gerhana bulan total malam ini dapat diamati di beberapa wilyah Indonesia seperti Papua, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, Bali, Kalimantan, Jawa, sebagian Sumatera bagian Timur.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total Hari Ini 8 November 2022 Terjadi Jam Berapa? Ini Wilayah Bisa Amati Gerhana dan Durasinya

Fase puncak gerhana bulan total ini durasinya berlangsung selama 1,5 jam, dimulai pukul 17.59 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) dan berakhir pada pukul 18.42 WIB.

Dalam agama Islam dianjurkan ketika terjadi gerhana untuk menunaikan sholat gerhana atau sholat khusuf. Termasuk terjadinya gerhana bulan total malam ini, sholat khusuf boleh dikerjakan.

Hal ini sebagaimana dalam sabda Rasulullah saw di sebuah hadis sahih yang berbunyi:

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua di antara tanda-tanda kebesaran Allah, tidak terjadi gerhana pada keduanya karena kematian atau kelahiran seseorang.”

“Jika kamu melihat gerhana keduanya maka segeralah kalian berdoa kepada Allah, bertakbir, sholat, dan banyak bersedekah,” (HR. Bukhari no. 1060 dan Muslin no. 904)

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x