Gerhana Bulan Total Hari Ini 8 November 2022 Terjadi Jam Berapa? Ini Wilayah Bisa Amati Gerhana dan Durasinya

- 8 November 2022, 17:05 WIB
Ilustrasi. Fenomena Gerhana Bulan Total hari ini Selasa, 8 November 2022 pukul berapa dan wilayah yang bisa amati lengkap dengan durasi waktu gerhana.
Ilustrasi. Fenomena Gerhana Bulan Total hari ini Selasa, 8 November 2022 pukul berapa dan wilayah yang bisa amati lengkap dengan durasi waktu gerhana. /Pixabay/Andreas

BERITA DIY - Simak informasi hari ini Selasa, 8 November 2022 akan terjadi fenomena astronomi Gerhana Bulan Total yang dapat diamati di wilayah Indonesia.

Gerhana Bulan Total ini terjadi pukul berapa dan berapa lama durasi gerhana akan terjadi simak lengkap di artikel ini.

Gerhana Bulan Total merupakan fenomena astronomi dimana saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra Bumi sehingga akibatnya, saat gerhana puncak terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah.

Puncak Gerhana Bulan Total pada 8 November 2022 hari ini terjadi pada pukul 18.42.02 WIB.

Baca Juga: Jam Berapa Gerhana Bulan Total Hari Ini Terjadi? Ini Daerah Indonesia yang Bisa Saksikan Secara Langsung

Adapun pergerakan Bulan selama terjadinya gerhana telah dimulai sejak pukul 15.00.38 WIB diawali dengan Awal Fase Penumbra (P1).

Menurut pengamatan LAPAN Gerhana Bulan Total pada 8 November 2022 ini durasi total selama 1 jam 24 menit 58 detik dan durasi umbral (sebagian+total) selama 3 jam 39 menit 50 detik.

Melansir dari infografik BMKG terkait fenomena Gerhana Bulan Total, ini urutan dan waktu fase gerhana dan wilayah yang bisa mengamati:

Baca Juga: Link Live Streaming Gerhana Bulan Total Selasa 8 November 2022 Gratis, Cek Jadwal Waktu Melihat dan Wilayahnya

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x