Jam Berapa Gerhana Bulan Total Hari Ini? Di Mana Bisa Melihat Gerhana Bulan Malam Ini? Ini Cara Lihat GBT

- 8 November 2022, 13:00 WIB
Ilustrasi/ Gerhana Bulan Total hari ini jam berapa? Lalu di mana bisa melihat gerhana bulan malam ini? Ini cara lihat GBT 8 November.
Ilustrasi/ Gerhana Bulan Total hari ini jam berapa? Lalu di mana bisa melihat gerhana bulan malam ini? Ini cara lihat GBT 8 November. /PIXABAY/@edege

BERITA DIY - Simak informasi jam berapa Gerhana Bulan Total hari ini, di mana bisa melihat gerhana bulan malam ini, dan cara lihat GBT 8 November.

Fenomena alam semesta, Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi hari ini, Selasa, 8 November 2022 di seluruh wilayah Indonesia.

Kepastian itu yang membuat banyak orang mencari tahu jam berapa Gerhana Bulan Total hari ini, di mana bisa melihat gerhana bulan malam ini, dan cara lihat GBT.

Sebagai informasi, Gerhana Bulan Total malam ini menjadi yang kedua sekaligus terakhir di tahun 2022.

“Gerhana besok merupakan fenomena kedua kali dan terakhir pada tahun 2022 sebelumnya terjadi pada bulan Mei 2022,” katan Staf Ahli BMKG Aceh, Andrean Simanjuntak dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Sholat Gerhana Bulan Hari Ini 8 November Sholat Khusuf, Gerhana Bulan Total Jam Berapa?

Andrean menambahkan jam berapa Gerhana Bulan Total akan terjadi yakni sekitar mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sementara untuk fase puncak akan terjadi sekitar 1 jam 30 menit.

Fase tersebut mulainya gerhana atau saat penumbra pada 15.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan fase umbra di mana sebagian akan mulai nampak pada 16.00 WIB, hingga total pada 17.15 WIB, serta dilanjutkan dengan puncaknya hingga pukul 17.59 WIB.

Sementara gerhana bulan akan mulai berakhir sekitar 18.30 WIB.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x