Apakah Gerhana Bulan Total Malam Ini Berbahaya, Apakah Bisa Dilihat dengan Mata dan Jam Berapa? Cek di SINI

- 8 November 2022, 11:21 WIB
Ilustrasi. Penjelasan apakah Gerhana Bulan Total malam ini berbahaya, apakah bisa dilihat dengan mata dan jam berapa ada di sini.
Ilustrasi. Penjelasan apakah Gerhana Bulan Total malam ini berbahaya, apakah bisa dilihat dengan mata dan jam berapa ada di sini. /PIXABAY/@Buddy_Nath

BERITA DIY - Simak penjelasan apakah Gerhana Bulan Total malam ini berbahaya, apakah bisa dilihat dengan mata dan jam berapa dalam ulasan berikut ini.

Gerhana Bulan Total akan terjadi pada malam ini, Selasa, 8 November 2022. Fenomena alam ini bisa dilihat dari Indonesia.

Perlu diketahui, Gerhana Bulan Total merupakan peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak sampai ke Bulan. 

Kondisi tersebut terjadi karena pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan yang sangat dinamis.

Baca Juga: Jam Berapa Sholat Gerhana? Ini Daftar Waktu dan Lokasi Gerhana Bulan Total 8 November 2022 di Indonesia

Peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Andi Pangerang, mengatakan Gerhana Bulan Total malam ini perlu diwaspadai orang yang tinggal di pesisir pantai dan nelayan.

Sebab, ketika terjadi Gerhana Bulan Total, berpotensi menyebabkan air laut pasang lebih tinggi dibandingkam hari biasa.

"Dampak dari gerhana bulan total bagi kehidupan manusia adalah pasang naik air laut yang lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasanya ketika tidak terjadi gerhana, purnama maupun bulan baru," jelas Andi Pangerang dikutip dari ANTARA.

Gerhana Bulan Total yang dapat dilihat dari Indonesia disebut akan terjadi selama 3 jam 39 menit 50 detik.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x