Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Khusuf, Urutan Pelaksanaan Shalat Sunnah Saat Terjadi Gerhana Bulan Total

- 8 November 2022, 08:52 WIB
Ilustrasi - Bacaan niat dan tata cara Shalat Khusuf, urutan pelaksanaan shalat sunnah saat terjadi gerhana bulan total hari ini Selasa, 8 November 2022.
Ilustrasi - Bacaan niat dan tata cara Shalat Khusuf, urutan pelaksanaan shalat sunnah saat terjadi gerhana bulan total hari ini Selasa, 8 November 2022. /PIXABAY/@Konevi

BERITA DIY - Simak bacaan niat dan tata cara Shalat Khusuf, urutan pelaksanaan shalat sunnah saat terjadi gerhana bulan total hari ini Selasa, 8 November 2022.

Hari ini diprediksi akan terjadi fenomeran gerhana bulan total. Dalam ajaran agama Islam, umat Islam disunnahkan untuk melakukan Sholat Gerhana atau Shalat Khusuf.

Anda bisa mengetahui bacaan niat dalam Bahasa Arab dan terjemahan serta tata cara Shalat Khusuf, urutan pelaksanaan shalat sunnah saat terjadi gerhana bulan total 8 November 2022.

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia bisa menyaksikan pertistiwa gerhana bulan total. Namun akan ada perbedaan waktu terjadinya fenomena ini.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total 8 November 2022 Jam Berapa, Apakah Berbahaya? Ini Jadwal dan Wilayah yang Dapat Mengamati

Pada tahun 2022 ini, diperkirakan terjadi gerhana bulan total sebanyak 2 kali. Fenomena pertama terjadi pada 16 Mei 2022 dan fenomena kedua akan terjadi hari ini.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh BMKG dilansir dari laman BMKG pada 31 Oktober 2022, durasi terjadinya gerhana bulat total adalah 1 jam 25 menit 44 detik.

Sebagaimana dianjurkan oleh Kemenag, maka umat Islam di Indonesia bisa melaksanakan Shalat Khusuf yang dilakukan dengan menyesuaikan kondisi masing-masing daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kamaruddin Amin, Dirjen Bimas Islam pada 4 November 2022 sebagaimana dilansir BERITA DIY dari laman Kemenag RI.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x