Gerhana Bulan Total Jam Berapa? 4 Wilayah Ini Bisa Amati Fase Puncak Gerhana dan Aman Diamati Mata Langsung

- 8 November 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi - Jam berapa Gerhana Bulan Total? 4 wilayah Indonesia ini bisa amati fase puncak gerhana dan aman diamati mata langsung.
Ilustrasi - Jam berapa Gerhana Bulan Total? 4 wilayah Indonesia ini bisa amati fase puncak gerhana dan aman diamati mata langsung. /Pixabay.com/Grey48

BERITA DIY - Gerhana Bulan Total jam berapa? 4 wilayah Indonesia ini bisa amati fase puncak gerhana dan aman diamati mata langsung.

Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi hari ini, Selasa, 8 November 2022 di wilayah Indonesia.

Adapun hal itu, membuat banyak yang bertanya jam berapa Gerhana Bulan Total akan terjadi. Tak hanya itu, pertanyaan apakah aman diliat mata langsung juga mengemuka.

Sebagai informasi, Staf Ahli BMKG Aceh, Andrean Simanjuntak. mengatakan bahwa Gerhana Bulan Total menjadi salah satu fenomena langka astronomi di Indonesia.

“Gerhana besok merupakan fenomena kedua kali dan terakhir pada tahun 2022 sebelumnya terjadi pada bulan Mei 2022,” katanya di Banda Aceh.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Malam Ini, Jam Berapa Gerhana Bulan Total?

"Gerhana bulan besok merupakan salah satu proses astronomi yang mana saat seluruh permukaan Bulan memasuki zona umbra (bayangan inti) Bumi," sambungnya.

Lalu, Gerhana Bulan Total jam berapa?

Andrean Simanjuntak mengatakan bahwa Gerhana Bulan Total akan terjadi sekitar mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB. Adapun untuk fase puncak akan terjadi sekitar 1 jam 30 menit.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x