Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Lengkap Bacaan Niat Sholat Khusuf, Jumlah Rakaat, dan Dilaksanakan Jam Berapa?

- 8 November 2022, 12:05 WIB
Ilustrasi. Penjelasan bacaan niat salat gerhana bulan atau salat khusuf lengkap tata cara pelaksanaan, jumlah rakaat, hukum, dan waktu pelaksanaan jam berapa.
Ilustrasi. Penjelasan bacaan niat salat gerhana bulan atau salat khusuf lengkap tata cara pelaksanaan, jumlah rakaat, hukum, dan waktu pelaksanaan jam berapa. /PIXABAY/@Konevi

BERITA DIY- Simak penjelasan tentang tata cara sholat gerhana bulan lengkap bacaan niat sholat Khusuf, jumlah rakaat, hukum, dan dilaksanakan jam berapa?

Hari ini Selasa tanggal 8 November 2022 akan terjadi gerhana bulan dan dapat dilihat di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Dalam Islam ada anjuran melaksanakan sholat Khusuf ketika terjadi gerhana bulan. Tata cara melaksanakan sholat gerhana bulan ada perbedaan dengan cara shalat lima waktu.

Adapun hukum melaksanakan sholat Khusuf di waktu terjadinya gerhana bulan adalah sunah muakkad.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Shalat Gerhana Bulan Menyentuh Hati Jemaah: Introspeksi Diri, Cara Umat Gapai Ridho Illahi

Jumlah rakaat dari shalat Khusuf adalah dua rakaat, setiap rakaatnya ada dua kali rukuk. Kemudian setelah shalat gerhana bulan imam akan memberikan khutbah sebanyak dua kali.

Ada kesunahan membaca surah tertentu pada setiap rakaat seperti pada rakaat pertama dan sebelum ruku disunahkan membaca surah Al Fatihah dan surat Al Baqarah.

Kemudian setelah bangun dari rukuk yang pertama disunahkan membaca Alfatihah dan surat Ali Imran.

Namun apabila tidak bisa surat Al- Baqarah dan surat Ali Imran dapat diganti dengan surat pendek yang sudah dihafal.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x