Apakah Mandi Junub saat Puasa Boleh Dilakukan Setelah Subuh? Apakah Puasanya Sah?

- 10 April 2023, 12:47 WIB
Ilustrasi. Apakah mandi junub saat puasa boleh dilakukan setelah Subuh? Dan, apakah puasanya sah? Cek penjelasan berdasar hadist di sini.
Ilustrasi. Apakah mandi junub saat puasa boleh dilakukan setelah Subuh? Dan, apakah puasanya sah? Cek penjelasan berdasar hadist di sini. /PEXELS/Pixabay

BERITA DIY - Apakah mandi junub saat puasa boleh dilakukan setelah Subuh? Dan, apakah puasanya sah?

Pertanyaan tentang mandi junub atau mandi besar di saat bulan Ramadhan memang sering terdengar. Ya, ini karena terkait dengan sah atau tidaknya puasa wajib yang dijalankan di bulan Ramadhan.

Mandi junub dilakukan usai melakukan hubungan suami istri, selesai haid maupun mimpi basah. Tidak jarang ada orang yang mandi junuh setelah Subuh karena takut kedinginan.

Tapi, apakah mandi junub saat puasa boleh dilakukan setelah Subuh? Dan, apakah puasanya sah?

Baca Juga: Hukum Keluar Air Mani Saat Puasa di Bulan Ramadhan, Benarkah Bikin Puasa Batal dan Bagaimana Jika Mimpi Basah?

Mengutip bali.kemenag.go.id, para ulama menyatakan mandi junub saat puasa boleh dilakukan setelah Subuh tiba. Adapun puasanya juga tetap sah.

Dasar dari pembolehan tersebut adalah hadist. Suatu saat Nabi Muhammad SAW menunda mandi junuh hingga waktu Subuh tiba dan melanjutkan puasa.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x