Kapan Nuzulul Quran Ramadhan 2023 dan Diperingati Tanggal Berapa? Simak Penjelasan Singkat Para Ulama di sini

- 5 April 2023, 14:40 WIB
Ilustrasi. Info kapan Nuzulul Quran diperingati tanggal berapa lengkap dengan pembahasan ulama mengenai waktu pasti turunnya Al Quran.
Ilustrasi. Info kapan Nuzulul Quran diperingati tanggal berapa lengkap dengan pembahasan ulama mengenai waktu pasti turunnya Al Quran. /PEXELS/Pok Rie

BERITA DIY – Berikut kapan Nuzulul Quran Ramadhan 2023 jatuh dan diperingati tanggal berapa lengkap dengan pembahasan ulama mengenai waktu pasti turunnya Al Quran.  

Dalam bulan Ramadhan terdapat peristiwa penting yang dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia, yaitu datangnya malam Nuzulul Quran atau waktu Al Quran perta kali diturunkan ke dunia.

Di Indonesia, Nuzulul Quran lazim diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan yang akan jatuh bertepatan dengan tanggal 8 April 2023 mendatang.

Meski begitu, terdapat perbedaan di antara ulama mengenai waktu pasti Nuzulul Quran. Tidak sedikit ulama yang berpendapat bahwa Al Quran diturunkan pada Lailutul Qodar yang jatuh pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan.  

Baca Juga: Nuzulul Quran Diperingati Tanggal Berapa? Ini Keutamaan dan Perbedaan dengan Lailatul Qodar

Dikutip oleh BERITA DIY dari laman NU Jatim, ulama yang berpandangan Nuzulul Quran jatuh pada 17 Ramadhan mengacu pada kejadian di surat Al Anfal ayat 41 yang berbunyi:

 وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ 

Artinya: "Dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari furqan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS Al Anfal: 41)

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x