Nuzulul Quran Terjadi pada Tanggal Berapa Ramadhan 2023? Sejarah Nuzululqur’an dan Pengertian Sesuai Hadits

- 5 April 2023, 03:05 WIB
Ilustrasi. Nuzulul Quran terjadi pada tanggal berapa Ramadhan 2023? Simak sejarah nuzululqur’an dan pengertian sesuai hadits di sini.
Ilustrasi. Nuzulul Quran terjadi pada tanggal berapa Ramadhan 2023? Simak sejarah nuzululqur’an dan pengertian sesuai hadits di sini. /jatim.kemenag.go.id

BERITA DIY - Nuzulul Quran terjadi pada tanggal berapa Ramadhan 2023? Simak sejarah nuzululqur’an dan pengertian sesuai hadits.

Salah satu hari yang spesial dan diperingati setiap bulan Ramadhan adalah Nuzulul Quran. Peristiwa ini diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.

Nuzululqur’an merupakan peristiwa penting bagi umat Islam. Maka tak heran setiap peringatan Nuzulul Quran masjid-masjid ramai mengadakan acara.

Nah, pada tahun 2023 ini, Nuzulul Quran terjadi pada tanggal 17 Ramadhan 1444 Hijriyah atau bertepatan pada hari Sabtu tanggal 8 April 2023.

Baca Juga: Kumpulan Resep Kue Kering Lebaran yang Gampang, Begini Cara Buat Tanpa Oven dan Tanpa Mixer, Bisa Pakai Teflon

Sejarah dan pengertian Nuzulul Quran

Dalam pengertiannya, Nuzulul Quran merupakan peristiwa Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu Al-Qur’an yang disampaikan melalui malaikat Jibril.

Adapun sejarahnya, menurut hadist, Nuzululqur’an bermula ketika Rasulullah SAW mendapatkan mimpi yang menjadi kenyataan. 

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x