Cara Mengetahui Nomor EFIN NPWP, Begini Cara Aktivasi dan Alternatif Cara Mengatasi Jika Lupa

- 9 Maret 2023, 12:40 WIB
Cara mengetahui nomor EFIN NPWP, cara aktivasi dan cara mengatasi jika lupa Nomor EFIN NPWP.
Cara mengetahui nomor EFIN NPWP, cara aktivasi dan cara mengatasi jika lupa Nomor EFIN NPWP. /Instagram.com/@ditjenpajakri

BERITA DIY - Simak cara mengetahui nomor EFIN NPWP, cara ativasi nomor EFIN NPWP dan alternatif cara mengatasi jika lupa nomor EFIN NPWP berikut ini.

Memasuki pekan kedua bulan Maret 2023, masyarakat yang terdaftar sebagai wajib pajak harus segera malakukan lapor SPT Tahunan karena batas akhir lapor SPT adalah pada tanggal 31 Maret 2023 mendatang.

Untuk bisa melakukan pelaporan SPT Tahunan pribadi ini, wajib pajak sudah harus lebih dahulu memiliki EFIN NPWP. Apa itu?

EFIN atau Electroning Filling Identification Number merupakan 10 digit nomor identifikasi yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak.

Baca Juga: Tabel Angsuran KUR BRI 2023 Rp 50 Juta: Cicilan Sesuai Bunga Terbaru, Cek Syarat Pinjaman di Sini

EFIN ini berfungsi sebagai identitas Wajib Panjak saat akan melakukan transaksi elektronik dengan DJP untuk melaksanakan kewajiban perpajakan termasuk lapor SPT Tahunan pribadi.

Setiap wajib pahak berkewajiban menjaga keamanan dan kerahasiaan EFIN karena EFIN ini bersifat rahasia dan digunakan sebagai alat autentifikasi.

Sebagai informasi, EFIN ini hanya diberikan satu kali dan akan berlaku sepanjang tahun. Oleh karena itu, penting untuk menyimpan EFIN NPWP ini.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui EFIN NPWP? Berikut cara aktiviasi EFIN secara online dan offline.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x