Kapan Puasa Rajab 2023 sampai Tanggal Berapa? Ini Niat Puasa Teks Arab dan Latin, 1 Rajab Mulai Kapan?

- 22 Januari 2023, 11:24 WIB
Ilustrasi. Kapan puasa Rajab 2023 sampai tanggal berapa? Simak niat puasa teks Arab dan latin dilengkapi penjelasan 1 Rajab mulai kapan di sini.
Ilustrasi. Kapan puasa Rajab 2023 sampai tanggal berapa? Simak niat puasa teks Arab dan latin dilengkapi penjelasan 1 Rajab mulai kapan di sini. /PIXABAY/@Konevi

BERITA DIY - Kapan puasa Rajab 2023 sampai tanggal berapa? Simak niat puasa teks Arab dan latin dilengkapi penjelasan 1 Rajab mulai kapan.

Bulan Rajab tinggal menghitung jam. Rajab merupakan satu dan empat bulan suci yang disebut dalam surat At-Taubah ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Baca Juga: Puasa Rajab 2023 Tanggal Berapa, Berapa Hari? Bacaan Niat Puasa Rajab dan Link Download Kalender Hijriyah PDF

Menurut penanggalan Hijriyah yang dirilis kemenag.go.id, tanggal 1 Rajab 1444 Hijriyah jatuh pada Senin, 23 Januari 2023.Kalender Hijriyah PDF lengkap bisa KLIK DI SINI.

Adapun salah satu amalan yang bisa dilakukan selama bulan Rajab adalah puasa Rajab. Puasa sunnah ini biasa dilakukan selama 10 hari.

Puasa Rajab umumnya dilakukan mulai dari tanggal 1 Rajab hingga 10 Rajab. Namun, tak ada larangan juga jika tidak 10 hari penuh dan berturut-turut.

Jadwal puasa Rajab 2023 jika dilakukan selama 10 hari berturut-turut sebagai berikut:

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x