PT GNI Adalah Perusahaan Apa? Ini Kronologi Kerusuhan yang Terjadi Hingga Tewaskan 2 Pekerja

- 17 Januari 2023, 13:10 WIB
Ilustrasi - PT GNI adalah perusahaan apa lengkap penjelasan Kapolri tentang kronologi kerusuhan yang tewaskan dua pekerja.
Ilustrasi - PT GNI adalah perusahaan apa lengkap penjelasan Kapolri tentang kronologi kerusuhan yang tewaskan dua pekerja. /PIXABAY/ marcinjozwiak

BERITA DIY - Ketahui PT GNI adalah perusahaan apa lengkap dengan kronologi kerusuhan yang terjadi pada Sabtu, 14 Januari 2023.

Telah terjadi kerusuhan di PT Gunbuster Nickel Industry atau PT GNI Morowali, Sulawesi Tengah pada Sabtu, 14 Januari 2023 yang menyebabkan dua orang meninggal dunia.

Kapolri, Listyo Sigit dalam konferensi pers pada Senin, 16 Januari 2023 kemarin memberikan sejumlah penjelasan dan keterangan terkait insiden tersebut termasuk kronologi kerusuhan.

Viralnya berita kerusuhan ini juga membuat banyak masyarakat yang bertanya PT GNI adalah perusahaan apa, berikut profil lengkap perusahaan, selengkapnya.

Baca Juga: Profil Lukas Enembe yang Kini Ditahan KPK: Kronologi Penangkapan hingga dari Partai Apa

Dilansir dari antaranews, Kapolri menyatakan bahwa bentrokan di PT GNI ini dipicu adanya provokasi untuk mogok kerja.

Adapun kronologi kerusahan yang terjadi di PT GNI Morowali, Sulawesi Tengah diawali dengan adanya aksi unjuk rasa di dua lokasi yaitu pos 4 dan pos 5 PT GNI.

Aksi unjuk rasa ini dikarenakan tidak tercapainya kesepakatan antara pihak SPN dengan pihak PT GNI dalam pertemuan Disnaker Kabupaten Morowali Utara pada Jumat 13 Januari 2023.

"Ada masalah industrial yang saat itu sedang dirundingkan dan kemudian muncul viral seolah-olah terjadi pemukulan TKA (tenaga kerja asing) terhadap tenaga kerja Indonesia sehingga ini yang memunculkan pengaruh provokasi dan kemudian mengakibatkan terjadinya penyerangan," jelas Kapolri dikutip dari antaranews pada Selasa, 17 Januari 2023.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: Antaranews gunbusternickelindustry.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x