Jangan Panik! Salah Jurusan Bukan Akhir dari Segalanya, Ini Cara Mengatasi Fenomena Salah Jurusan

- 5 Januari 2023, 15:20 WIB
Ilustrasi -Potret Topi Toga, sebagai gambaran bahwa salah jurusan bukan akhir dari segalanya dan bisa diatasi sampai menjadi sarjana.
Ilustrasi -Potret Topi Toga, sebagai gambaran bahwa salah jurusan bukan akhir dari segalanya dan bisa diatasi sampai menjadi sarjana. /Freepik.com/@freepik

BERITA DIY – Fenomena salah jurusan bukanlah akhir dari segalanya. Berikut cara mengatasi fenomena salah jurusan untuk kalangan mahasiswa.

Fenomena salah jurusan cukup populer di kalangan mahasiswa, walaupun pada dasarnya itu hanya prespektif belaka. Hal itu membuat seseorang tidak maksimal menjalankan perannya menjadi mahasiswa bahkan merasa ingin pindah jurusan.

Setiap orang memiliki jurusan impian, ada yang berhasil kuliah di jurusan impian, tetapi ada juga yang kuliah di jurusan yang tidak diminati. Hal ini menjadi hal yang bermasalah dalam diri seseorang sehingga muncul pemikiran salah jurusan.

Penyebab fenomena salah jurusan, biasanya karena perspektif tidak cocok dengan jurusan yang dijalani saat ini, belum bisa menyesuaikan diri dengan mata kuliah yang diampu, kurang informasi terkait jurusan tersebut, belum memiliki tujuan yang jelas untuk kuliah, dan kuliah karena terpengaruh orang lain.

Baca Juga: Jadwal Kapan Beasiswa LPDP 2023 Dibuka, Ketahui Syarat LPDP Sebelum Pendaftaran Dibuka

Dampak dari perspektif salah jurusan ini adalah mahasiswa akan kehilangan semangat belajar, mudah overthinking, kehilangan motivasi untuk mencapai target, memiliki rasa ingin menyerah, dan bahkan bisa membuat diri seseorang merasa ragu untuk mencapai cita-citanya.

 “Tidak ada benar atau salah dalam memilih jurusan, lakukan yang terbaik buat diri dan yang ideal untuk situasimu, tidak selamanya kita bisa melakukan apa yang kita mau, dan tidak perlu takut untuk terlihat berbeda dari orang lain.” ujar Gita dalam Gita Savitri Devi YouTube Channel yang diunggah pada 7 Februari 2021.

Berikut cara mengatasi fenomena salah jurusan pada mahasiswa dalam masa studinya.

Baca Juga: Bisa Dapat Beasiswa Rp20 Juta dan Uang Saku: Ini Syarat dan Cara Daftar Pelatihan Digital Bank Mandiri 2022

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x