Apa Itu Tahun Baru Imlek? Ini Penjelasan Lengkap tentang Tahun Baru Imlek Beserta Tanggal Perayaan di 2023

- 2 Januari 2023, 15:45 WIB
Tahun baru Imlek adalah pergantian tahun baru dalam sistem penanggalan Cina yakni berdasarkan peredaran bulan.
Tahun baru Imlek adalah pergantian tahun baru dalam sistem penanggalan Cina yakni berdasarkan peredaran bulan. /Pixabay/ lancier

BERITA DIY - Tahun Baru China atau yang lebih dikenal dengan Tahun Baru Imlek, merupakan hari libur nasional yang memberikan masyarakat China atau Tionghoa untuk bertemu kembali dengan keluarga mereka sambil merayakan kedatangan Tahun Baru.

Tahun baru Imlek adalah pergantian tahun baru dalam sistem penanggalan China yakni berdasarkan peredaran bulan. Sehingga penentuan awal tahunnya berbeda dengan penentuan pada tanggalan masehi yang biasa dipakai.

Di tahun 2023 dalam astrologi China merupakan tahun kelinci air. Ada tujuh shio yang diramal bakal berlimpah keberuntungan dalam hal keuangan.

Indonesia merupakan sebuah bangsa yang dikenal dengan keberagamannya. Di mana sebagian besar penduduknya pribumi Muslim, perayaan Tahun Baru China atau Imlek tetap dianggap sebagai sebuah peristiwa penting di Indonesia.

Baca Juga: Resep Masakan Lontong Cap Go Meh, Makanan Wajib dalam Perayaan Imlek: Lengkap dengan Cara Masaknya

Tahun Baru Imlek di 2023, berdasarkan SKB 3 Menteri terbaru, jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Tanggal tersebut bertepatan pada hari Minggu.

Selain itu, pemerintah terbaru juga menetapkan cuti bersama dalam rangka memperingati perayaan Tahun Baru Imlek 2023.

Menurut SKB 3 Menteri terbaru, cuti bersama Tahun Baru Imlek 2023 jatuh pada tanggal 23 Januari 2023, yang bertepatan pada hari Senin.

Sebelum perayaan Tahun Baru Imlek dimulai, beberapa pasar yang berlokasi di sekitar komunitas China, akan tetap buka.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x