Apa Itu Cap Go Meh yang Jatuh Hari Ini 15 Februari 2022? Simak Rangkaian Hari Raya Imlek Tersebut

- 15 Februari 2022, 13:05 WIB
ILUSTRASI - Penjelasan apa itu Cap Go Meh hingga sejarah tradisi malam kelima belas Tahun Baru Imlek.
ILUSTRASI - Penjelasan apa itu Cap Go Meh hingga sejarah tradisi malam kelima belas Tahun Baru Imlek. /ARI BOWO SUCIPTO

BERITA DIY - Simak penjelasan apa itu Cap Go Men yang jatuh hari ini, Selasa, 15 Februari 2022. Diketahui bahwa perayaan tersebut memang menjadi rangkaian Hari Raya Imlek.

Hari Raya Imlek jatuh pada hari Selasa, 1 Februari 2022 lalu dan merupakan hari libur nasional alias tanggal merah. Ternyata tahun baru masyarakat keturunan Tionghoa itu memiliki rangkaian momen yang juga dirayakan setelahnya.

Dikutip dari website Universitas Ciputra, Cap Go Meh merupakan hari ke-15 Tahun Baru Imlek. Perayaan ini memang diturunkan dari generasi ke generasi dalam komunitas Tionghoa-Indonesia.

Baca Juga: Tradisi Cap Go Meh di Beberapa Wilayah Indonesia, dari Singkawang hingga Palembang, dan Sejarah Awal Perayaan

Ada beragam atraksi dan festival yang dipertunjukkan kepada publik saat Cap Go Meh, seperti yang ditampilkan di Pecinan Glodok, Jakarta Barat tahun 2018 lalu.

Komunitas Tionghoa di sana menampilkan tardisi budaya Tatung. Menurut kepercayaan, Tatung adalah sosok yang memuja roh kuno ksatria di dalam tubuh dan kemudian mendengar nasihat bijaksana dari mereka.

Istilah 'Cap Go Meh' sendiri berasal dari dialek Tiociu atau Hokkien, 'Cap Go' yang berarti 'lima belas', dan 'Meh' yang memiliki arti 'malam'. Jadi terjemahan 'Cap Go Meh' dalam bahasa Indonesia adalah 'malam kelima belas'.

Baca Juga: 5 Makanan khas Saat Cap Go Meh, Sajian Penutup Rangkaian Perayaan Imlek

Keunikan Tahun Baru Imlek tak seperti perayaan Tahun Baru Masehi yang hanya dirayakan satu hari. Namun orang Tionghoa akan merayakannya selama dua minggu berturur-turut.

Tanggal pertama di Tahun Baru Imlek disebut sebagai 'zheng yue' atau 'hari pertama' daa diakhiri dengan Cap Go Meh pada malam kelima belas.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x