Apa Itu Kanker Kolon yang Diderita Pele? Ini Penyebab, Gejala dan Pencegahan

- 30 Desember 2022, 18:25 WIB
Ilustrasi. Apa itu penyakit kanker kolon yang diderita legenda sepakbola Brazil, Pele? Simak penjelasan lengkap tentang penyebab, gejala, dan cara mencegah kanker kolon.
Ilustrasi. Apa itu penyakit kanker kolon yang diderita legenda sepakbola Brazil, Pele? Simak penjelasan lengkap tentang penyebab, gejala, dan cara mencegah kanker kolon. /PIXABAY/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak pembahasan mengenai kanker kolon yang diderita legenda sepakbola Brazil, Pele. Berikut penjelasan lengkap seputar kanker kolon termasuk penyebab, gejala, dan pencegahannya.

Legenda sepakbola Brazil, Pele, dinyatakan meninggal dunia pada Kamis, 29 Desember 2022, waktu setempat di usia 82 tahun. Dilaporkan Pele meninggal dunia karena komplikasi kanker kolon atau kanker usus besar.

Ucapan duka cita pun datang dari berbagai bintang sepak bola dunia seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, hingga Neymar yang merupakan bintang Timnas Brazil.

Sesuai namanya, kanker kolon merupakan kanker atau tumor ganas yang menyerang usus besar. Diketahui, Pele telah mengidap kanker kolon sejak tahun 2021 lalu dan telah menjalani serangkaian pengobatan seperti operasi dan kemoterapi.

Baca Juga: BPOM Buka Suara soal 19 Produk Dry Shampoo Unilever Dove hingga Tresemme Ditarik karena Diduga Picu Kanker

Berdasarkan data dari WHO, kanker kolon merupakan jenis kanker ketiga terbanyak di dunia dengan 1,93 juta kasus per tahun. Jumlah ini di bawah kanker payudara dengan 2,26 juta kasus dan kanker paru-paru dengan 2,21 juta kasus.

Sedangkan dari jumlah kematian, kanker kolon merupakan jenis kanker terbanyak kedua dengan kasus kematian sekitar 900 ribu per tahun. Angka ini hanya di bawah kematian akibat kanker paru-paru dengan 1,8 juta kematian per tahun.

Penyebab Kanker Kolon

Apa penyebab dari kanker kolon? Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerka Serikat (CDC), terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena kanker kolon. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya kanker kolon.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x