Fungsi Etilen Glikol Untuk Apa? Diduga Ada di Obat Sirup Jadi Penyebab Gagal Ginjal Akut: Simak Penjelasannya

- 20 Oktober 2022, 12:05 WIB
Ilustrasi - Apa fungsi Etilen Glikol diduga ada di obat sirup dan jadi penyebab gagal ginjal akut.
Ilustrasi - Apa fungsi Etilen Glikol diduga ada di obat sirup dan jadi penyebab gagal ginjal akut. /PEXELS/RF._.studio

BERITA DIY - Penjelasan fungsi Etilen Glikol untuk apa lengkap dengan keterangan setelah ditemukan pada obat sirup yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut.

Etilen Glikol menjadi salah satu senyawa yang ditemukan oleh Kemenkes dan terdapat di beberapa jenis obat sirup yang digunakan sebagai salah satu obat bagi pasien.

Diduga senyawa Etilen Glikol tersebut ditemukan di sejumlah obat sirup yang sedang dilakukan proses penyusuran dan penelitian oleh berbagai pihak terkait seperti Kemenkes dan BPOM.

Dari kabar yang beredar kemudian muncul di sejumlah media sosial mengenai adanya daftar nama-nama obat yang diduga terkandung senyawa Etilen Glikol di dalamnya.

Baca Juga: Apa Itu Etilen Glikol di Obat Sirup? Ini Daftar Obat Sirup yang Diduga Berbahaya, Begini Penjelasan Kemenkes

Mengenai beredarnya daftar nama obat yang diduga mengandung senyawa Etilen Glikol tersebut kemudian dibantah oleh pihak Kemenkes sebagai otoritas kesehatan di Indonesia.

Pasalnya pihak Kemenkes hingga sampai kini tidak pernah merilis nama-nama obat yang diduga mengandung senyawa Etilen Glikol kepada masyarakat atau mengeluarkan rilis.

Diketahui hingga sampai saat ini pihak Kemenkes bersama dengan BPOM masih melakukan penelitian dan penyelidikan terkait dengan adanya kabar sejumlah obat yang diduga menjadi penyebab gagal ginal akut.

Lantas apa sebenarnya senyawa Etilen Glikol tersebut, lengkap dengan apa saja fungsi yang dapat digunakan dengan menggunakan senyawa tersebut? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak, Lengkap dengan Penyebab dan Cara Mengobati dari Kemenkes

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah