Obat Sirup Anak Dilarang Kemenkes, Apa Penyebabnya dan Hubungan dengan Penyakit Gagal Ginjal Akut?

- 20 Oktober 2022, 10:10 WIB
Ilustrasi. Daftar obat sirup dilarang Kemenkes apa penyebab dan hubungan dengan gagal ginjal akut.
Ilustrasi. Daftar obat sirup dilarang Kemenkes apa penyebab dan hubungan dengan gagal ginjal akut. /Pixabay/Steffen Frank/

BERITA DIY - Simak daftar obat sirup anak yang dilarang oleh Kemenkes benarkah lengkap dengan penyebab dan apa hubungannya dengan penyakit gagal ginjal akut yang belakangan merebak.

Kemenkes secara resmi mengeluarkan peraturan terbaru mengenai penggunaan obat yang dapat digunakan dalam berbagai jenis untuk sejumlah orang yang sedang mengalami penyakit.

Salah satu aturan yang dimuat dalam peraturan terbaru dari Kemenkes tersebut adalah mengatur mengenai penggunaan obat sirup anak yang belakangan menjadi perbincangan.

Peraturan mengenai penggunaan obat sirup anak tersebut diketahui secara resmi telah dirilis oleh Kemenkes melalui rilis yang dikeluarkan pada 19 Oktober 2022 yang lalu.

Baca Juga: Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak, Lengkap dengan Penyebab dan Cara Mengobati dari Kemenkes

Mengenai obat sirup anak tersebut diketahui bahwa Kemenkes secara resmi untuk digunakan sebagai langkah pengobatan yang dilakukan untuk mengobati penyakit pada anak.

Aturan mengenai obat sirup anak yang dilarang untuk digunakan tersebut dilakukan jika tanpa adanya konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis maupun tenaga kesehatan.

Selain dilarang untuk dikonsumsi, pada aturan itu Kemenkes juga mengatur bahwa apotek juga diminta untuk sementara tidak menjual berbagai jenis obat bebas dan terbatas dalam bentuk sirup.

Pelarangan mengenai penjualan dan konsumsi obat dalam bentuk sirup atau cairan ini sendiri nantinya akan berlaku dalam sementara waktu atau beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: Paracetamol Obat Untuk Apa? Simak Penjelasan, Dosis, dan Apa Saja Efek Samping yang Ditimbulkan?

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x