Waspada! Gagal Ginjal Akut pada Anak, Ini Penyebab, Tanda Gejala dan Cara Pencegahan

- 13 Oktober 2022, 16:01 WIB
Informasi mengenai gagal ginjal akut pada anak yang patut diwaspadai serta penyebab, tanda gejala, dan cara pencegahannya.
Informasi mengenai gagal ginjal akut pada anak yang patut diwaspadai serta penyebab, tanda gejala, dan cara pencegahannya. /Pixabay/MabelAmber

BERITA DIY - Waspada gagal ginjal juga bisa terkena oleh anak-anak, simak penyebab, tanda gejala, dan cara pencegahan terjadinya sakit ini.

Gagal ginjal pada umumnya dialami oleh orang dewasa, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa dialami oleh anak-anak. Sebagai orang tua, perlu mengetahui penyebab, tanda gejala, dan cara pencegahan sakit ini.

Gagal ginjal akut bisa terjadi dengan cepat dan membahayakan nyawa penderitanya termasuk anak-anak karena ginjal tidak mampu berfungsi secara optimal.

Ginjal sendiri termasuk organ yang penting bagi tubuh selain jantung, otak, dan hati karena berfungsi sebagai detoksifikasi darah, menyaring limbah, menjaga kandungan mineral dalam darah, mengatur tekanan darah dan produksi sel darah merah.

Baca Juga: Mengenal Kanker Payudara, Dikampanyekan pada No Bra Day 13 Oktober 2022: Simak Gejala dan Cara Mengobati

Dilansir kemkes.go.id, gangguan ginjal pada anak terbagi menjadi dua penyebab yaitu bawaan sejak lahir dan infeksi.

Gangguan ginjal bawaan sejak lahir umumnya ditandai dengan adanya kelainan bentuk ginjal dan saluran kemih.

Gangguan ginjal sebab infeksi biasanya akibat infeksi saluran kemih dan radang ginjal akibat berbagai proses yang bukan infeksi.

Sedangkan gangguang ginjal dibagi juga menjadi dua jenis yaitu gangguan ginjal akut dan kronik.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x