Apa Itu Etilen Glikol di Obat Sirup? Ini Daftar Obat Sirup yang Diduga Berbahaya, Begini Penjelasan Kemenkes

- 20 Oktober 2022, 11:05 WIB
Ilustrasi - Informasi apa itu Etilen Glikol di obat sirup, ini daftar obat sirup yang diduga dilarang dan berbahaya, begini penjelasan Kemenkes RI.
Ilustrasi - Informasi apa itu Etilen Glikol di obat sirup, ini daftar obat sirup yang diduga dilarang dan berbahaya, begini penjelasan Kemenkes RI. /PEXELS/RF._.studio

BERITA DIY - Informasi apa itu etilen glikol di obat sirup, daftar obat sirup yang diduga dilarang dan berbahaya, serta penjelasan Kemenkes RI.

Masyarakat kini sedang cemas dengan beredarnya kabar bahwa sejumlah obat sirup yang beredar ternyata mengandung senyawa etilen glikol.

Lalu apa itu etilen glikol yang terkandung di obat sirup? Simak informasi daftar obat sirup yang dilarang dan berbahaya, serta penjelasan dari pihak Kemenkes.

Dilansir dari situs The National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) yang diakses pada 20 Oktober 2022, berikut penjelasan apa itu etilen glikol.

Baca Juga: Daftar Obat Sirup Anak Dilarang Kemenkes, Apa Penyebabnya dan Hubungan dengan Penyakit Gagal Ginjal Akut?

Etilen glikol termasuk dalam jenis senyawa kimia yang memiliki sifat racun. Bentuknya bisa berupa cairan bening tidak berwarna dan bentuknya seperti sirup kental saat berada di suhu kamar.

Jika digunakan dalam produk antibeku otomotif, etilen glikol sering dijumpai dengan warna kuning atau hijau neon. Etilen glikol juga banyak ditemukan pada berbagai jenis produk.

Produk tersebut meliputi, cairan rem hidrolik, tinta bantalan stempel, pulpen, pelarut, cat, plastik, film, dan kosmetik. Etilen glikol memiliki rasa yang manis.

Jika senyawa etilen glikol masuk ke dalam tubuh maka bisa terurai menjadi senyawa beracun. Sifat racun ini akan mempengaruhi sistem saraf pusat, jantung hingga ginjal.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah